Dukung Wonderful Indonesia, Grab Luncurkan Kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat Bersama Kemenpar

0
121

bello.id – Grab, mobile platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, pada 26 Oktober 2018 lalu meluncurkan kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Sebagai mitra resmi pemerintah, Grab akan memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi 17 juta wisatawan mancanegara tahun ini, dan mempromosikan destinasi wisata terbaik di Indonesia kepada lebih dari 125 juta pengguna Grab di 8 negara. Peluncuran kampanye ini dilakukan sebagai kelanjutan dari penandatanganan perjanjian kerja sama antara Grab dan Kementerian Pariwisata September lalu, untuk memperkenalkan Smart Tourism dalam mendukung program ‘Wonderful Indonesia’.

Peluncuran kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat sebagai bagian dari dukungan terhadap program Wonderful Indonesia dilakukan oleh Bapak Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia; Bapak Priyantoro Rudito, Ketua II Tim Co-branding Kementerian Pariwisata; Bapak Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia dan Bapak Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II serta disaksikan oleh para mitra strategis pariwisata di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta sebagai gerbang masuk wisata ke Indonesia.

“Kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata. Kami menyambut baik kerja sama dengan Grab untuk mendukung program ‘Wonderful Indonesia’ melalui strategi Smart Tourism dimana kemitraan Grab dengan bandara dan destinasi terkemuka di Tanah Air akan menghadirkan pengalaman digital yang mulus bagi para wisatawan. Kami berharap kolaborasi ini dapat mewujudkan target pemerintah untuk mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini dan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019.” ungkap Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

“Kami senang dapat menerima kepercayaan serta dukungan Kementerian Pariwisata, dan merasa terhormat untuk dapat berperan dalam mempromosikan pariwisata Indonesia kepada para turis dan menawarkan pengalaman wisata yang nyaman dan aman. Sebagai sponsor Asian Games tahun ini, kami secara langsung telah melihat bagaimana keramahtamahan masyarakat Indonesia telah memukau wisatawan, dan kami ingin terus berkontribusi untuk memperbaiki pengalaman wisatawan dengan layanan transportasi yang mudah, rekomendasi lokal dan keuntungan lainnya yang dapat dinikmati wisatawan. Kerja sama strategis dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menggarisbawahi komitmen Grab bagi Indonesia, yang merupakan wujud dari master plan 2020 ‘Grab 4 Indonesia’,” jelas Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan program ‘Wonderful Indonesia’, Grab akan menawarkan inisiatif ‘Smart Tourism’ untuk menyediakan lebih banyak pengalaman bernilai tambah bagi jutaan turis domestik dan mancanegara.

Berwisata di berbagai kota di Indonesia dengan aman dan nyaman

  • Layanan baru Sewa GrabCar dapat dinikmati wisatawan jika mereka ingin menyewa mobil selama beberapa jam, sehingga mereka dapat dengan mudah berwisata menuju dan dari berbagai atraksi wisata. Layanan Sewa GrabCar saat ini tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya, Manado dan Makassar.
  • Wisatawan dapat memesan layanan GrabCar dengan mudah secara legal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Internasional Husein Sastranegara (Bandung), dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).
  • Fitur GrabChat (layanan pesan dalam aplikasi Grab) membantu mengurangi kendala berbahasa, dengan langsung menerjemahkan pesan ke berbagai bahasa yang kerap digunakan di Asia Tenggara, antara pengguna dan mitra pengemudi.

Dapatkan rekomendasi lokal

  • Mitra pengemudi Sewa GrabCar juga akan mendapatkan pelatihan tentang cara menjadi pemandu wisata dan juga akan menerima sertifikasi ‘Wonderful Indonesia’ dari Kementerian Pariwisata setelah mengikuti pelatihan khusus. Wisatawan kini dapat merasakan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman sambil belajar lebih banyak tentang budaya dan kearifan lokal Indonesia dari mitra pengemudi bersertifikasi.
  • Wisatawan dapat menemukan rekomendasi restoran dan mencicipi kuliner lokal khas dengan GrabFood, serta menemukan ulasan dan informasi yang berhubungan dengan atraksi wisata dan budaya terbaik di Indonesia melalui feed berita harian, tersedia secara langsung pada aplikasi Grab.

Nikmati keuntungan tambahan di berbagai atraksi wisata

  • Pengguna dapat menukarkan poin GrabRewards mereka dalam kategori ‘Travel’ dengan berbagai keuntungan seperti GarudaMiles dari Garuda Indonesia dan juga Joumpa Airport Assistance.
  • Menambah keuntungan bagi program promosi Hot Deals milik Kementerian Pariwisata, wisatawan asal Singapura dan Malaysia kini akan mendapatkan keuntungan lebih berupa potongan harga saat memesan layanan Sewa GrabCar.
  • Berbagai fasilitas digital yang disediakan khusus untuk para wisatawan seperti lounge, tourist information center, charging station, WiFi gratis, serta area peristirahatan untuk mitra pengemudi di beberapa destinasi wisata terpilih. Sebagai tahap awal, Grab telah mulai menjalin kerja sama dengan beragam obyek wisata di Indonesia, termasuk Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Jatim Park Group, Istana Maimun Medan, dan Garuda Wisnu Kencana Bali.

Grab menyediakan layanan dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara di 235 kota yang tersebar di 8 negara dengan lebih dari 100 juta pengguna, termasuk Indonesia di mana Grab beroperasi di 137 kota dari Sabang hingga Merauke. Sejalan dengan visinya sebagai ‘everyday super-App’ dan strategi open platform, saat ini Grab menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat di Indonesia, mulai dari layanan transportasi roda dua dan empat, pengantaran bingkisan, pembayaran digital, hingga layanan pesan-antar makanan dan barang belanjaan.