Mencicipi Nasi Sek Pantai Gandoriah, Kuliner Super Lezat Khas Pariaman

0
429
(Foto: visitpariaman.com)

Bello.id – Pariaman tak hanya dikenal dengan pesona alamnya yang menawan, tapi juga kuliner lokalnya yang enak-enak. Yup, kalau bellovers jalan-jalan ke Pariaman, ada segudang makanan lezat yang wajib dicicipi. Salah satu yang terkenal banget di sana adalah Nasi Sek Pantai Gandoriah. Seperti apa ya?

Nasi Sek merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Sekilas tak ada yang istimewa dengan nasi seukuran kepalan tangan tersebut. Sepintas, Nasi sek ini akan mengingatkan dengan nasi kucing di daerah Jawa Tengah atau Yogyakarta, karena ukuran yang sama-sama kecil. Istimewanya Nasi Sek terletak pada ‘nama’ dan ‘lauk’, sebagai pelengkapnya.

Baiklah, kita intip dulu ‘nama’ Nasi Sek. Sejarahnya, Nasi Sek merupakan kepanjangan dari ‘Saratuih Kanyang’ atau seratus kenyang. Dulunya, Nasi Sek terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang, gulai jengkol, sambal cabai, sayur singkong. Merupakan nasi dengan harga murah dan sangat diminati warga Pariaman, yaitu hanya seratus rupiah.

Namun seiring perkembangannya, harga Nasi Sek sekarang tentu tidak lagi seratus rupiah. Tentu menyesuaikan dengan zaman. Nasi Sek pun tidak lagi dipandang murah. Tempatnya pun hanya ada di sepanjang Pantai Gandoriah.

Nah, bellovers kalau ke Pariaman jangan lupa ya icip Nasi Sek Pantai Gandoriah. Dijamin ketagihan!

(Sumber: visitpariaman.com)