10 Kuliner Magelang yang Menggoda Selera

0
186
Sop Senerek (Foto : sporrtourism.id)

Selama ini Magelang dikenal sebagai Kota Getuk. Yaitu makanan yang dibuat dari singkong. Padahal, Magelang juga punya #Top10KulinerLebaran2018 versi TripAdvisor. Yang pastinya, patut dicoba saat #PesonaMudik2018 Lebaran nanti.

Kuliner itu, termasuk atraksi budaya yang turun temurun sejak lama. Begitupun yang ada di Magelang. Daerah ini memiliki kuliner khas yang sudah melegenda karena sudah ada sejak 60 tahun lalu.

Berikut #Top10KulinerLebaran2018 di Magelang versi TripAdvisor yang patut dicoba saat Hari Raya nanti.

1. Kupat Tahu Pak Slamet

Di Indonesia ada beberapa jenis kupat tahu. Tapi, yang paling dikenal oleh masyarakat luas berasal dari Surakarta, Singaparna, dan Magelang.

Perbedaan Kupat Tahu Magelang terletak pada bumbu dan bahan pelengkap. Kupat asal Singaparna, terdapat tauge yang sudah direbus. Sementara kupat khas Magelang menggunakan irisan kol, bakwan, mie, dan tahu putih sebagai pelengkapnya.

Kupat Tahu Magelang sangat istimewa. Khususnya yang di Jl Tentara Pelajar Kios 8. Sajian utama yang diberikan oleh hidangan ini terdiri dari ketupat atau lontong, tahu yang sudah digoreng, dan tauge serta irisan kembang kol.

Untuk bumbunya, kupat tahu disajikan bersama saus sambal kacang yang juga bisa ditambah tingkat kepedasannya dengan memberikan beberapa sendok sambal. Penyajian kupat tahu juga tak jarang diperlengkap dengan kerupuk dan irisan timun.

2. Wedang Kacang Kebon

Suasana Magelang yang sejuk dan cukup dingin, membuat wedang kacang menjadi salah satu minuman favorit. Salah satu warung wedang kacang yang terkenal di Magelang, adalah Wedang Kacang Kebon.

Disini rasa wedang kacangnya sangat nikmat dengan kacang yang empuk dan kuah yang kental. Umumnya wedang kacang dibuat dari air jahe yang dicampur dengan kacang dan ketan. Namun, di sini rasa air jahe yang digunakan tidak terlalu kuat.

Selain wedang kacang, Anda juga bisa memesan wedang ronde atau sate pisang disini. Lokasinya berada di Jalan Pajang, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang,

3. Es Murni Magelang

Meskipun Magelang udaranya sejuk, saat siang hari tetap saja es menjadi minuman favorit. Salah satu warung es di Magelang yang usianya sudah cukup tua adalah Es Murni.

Ada berbagai macam jenis es yang bisa Anda pesan disini. Diantaranya es burjo, es duren dan es teler. Warung es ini setiap hari ramai dipenuhi pengunjung. Karena, menu esnya yang segar dan manis. Selain es, ada juga berbagai makanan. Lokasi Es Murni bisa ditemui di Jl. Sriwijaya no. 28, Magelang.

4. Sego Godog Pak Manto

Dinamakan Sego Godog karena makanan ini merupakan nasi yang direbus. Dalam bahasa jawa, Sego berarti nasi dan Godog berarti rebus, sehingga jika diubah menjadi bahasa Indonesia, namanya menjadi Nasi Rebus.

Dinamakan demikian karena memang proses pembuatannya adalah dengan merebus nasi di dalam kuah yang sudah diberikan bumbu. Selain nasi, ada juga mi, ayam dan telor yang juga dimasukkan ke dalam campuran.

Jika Anda tertarik mencobanya, Sego Godog Pak Manto bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasinya sangat strategis di alun-alun kota atau di Lapangan Karang Kota Gede, sehingga mudah ditemukan.

5. Mangut Lele Warung Purnama

Warung Purnama terkenal dengan Mangut Lelenya yang lezat. Mangut Lele sendiri merupakan salah satu makanan khas Magelang yang cukup terkenal. Warung ini sudah berdiri sejak lama sehingga memiliki banyak peminat setia dari waktu ke waktu. Lokasinya berada di Jalan Magelang – Jogja Km. 13, Pabelan, Mungkid, Magelang.

Mangut Lele adalah sejenis masakan lele yang berkuah santan dengan warna kuning karena mengandung kunyit. Biasanya makanan ini disajikan bersama sambal goreng yang dicampur dengan potongan tahu, cabe merah dan hijau, pete serta buncis. Selain Mangut Lele, Anda juga bisa mencoba Mangut Bawal yang lezat.

6. Tahu Pojok Magelang

Kupat tahu memang sangat mudah didapatkan di Kota Magelang, Jawa Tengah. Sebab, makanan ini merupakan khas Kota Bunga. Kupat tahu banyak ditemui di sekitar Alun-alun Magelang dan jalan protokol. Nah, jika kamu traveling di Kota Magelang, mampirlah ke Tahu Pojok Magelang. Tempatnya di kios Jalan Tentara Pelajar nomor 14, Kota Magelang.

Di sana, kalian akan melihat deretan ruko sederhana dan keramahan pelayan saat tiba di warung makan ini. Cobalah tengok apa yang ada di dinding warung tersebut. Terlihat foto para artis, pejabat, hingga presiden. Mereka pernah makan di Tahu Pojok Magelang.

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Indro Warkop DKI, dan sosok terkenal lain pernah makan di Tahu Pojok Magelang.

7. Stupa Restauran

Stupa Restoran terletak tepat di sebelah Hotel Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center. Restoran ini memiliki arsitektur joglo dan berkonsep semi outdoor. Yang ditawarkan adalah sajian nusantara khas Plataran. Ada beberapa menu tradisional andalan. diantaranya Ayam Geprak, Lontong Sayur, Ketan Lupis dan Es Dawet.

Selain itu, terdapat pula aneka jamu tradisional menyehatkan yang merupakan salah satu ciri khas dari restoran ini. Sambil bersantap dan bersantai, para tamu akan disuguhi oleh pemandangan bukit Menoreh yang cantik serta hamparan sawah yang terletak tepat di depan restoran ini. Restoran ini berada di Dusun Kretek, Karangrejo, Borobudur,

Selain terkenal dengan sajian khas Plataran yang lezat, Stupa Restaurant juga sering digunakan sebagai lokasi untuk pemotretan pre-wedding serta venue pernikahan. Restoran dengan kapasitas 110 orang ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 malam.

8. Sup Senerek Pak Parto

Sup kacang merah yang disajikan dengan sayuran seperti bayam, wortel, seledri, daun bawang dan irisan daging sapi/ayam/jerohan. Kuah kaldunya bening dan segar. Konon Sup Senerek ini merupakan akulturasi kuliner Belanda ketika jaman penjajahan dulu di Magelang.

Tentara Belanda sering memasak Snert soup, berupa sup kacang polong yang disajikan hangat dimakan dengan roti. Nah karena lidah Jawa agak ribet dalam pengucapan Snert, maka tersebutlah Senerek, refer to kacang merah sebagai pengganti kacang polong yang tidak ada di Jawa. warung Pak Parto berada di kompleks kios terminal lama bawah Bukit Tidar,

9. Mangut Beong Sehati Borobudur

Sajian ikan beong (semacam lele besar yang hidup di Sungai Progo, Elo, dll) dimasak mangut pedas dengan bumbu rempah dan kuah santan. Harga bervariasi tergantung bagian potongan ikan atau utuh. Yang pasti terjangkau, bikin megap-megap kepedesan & ketagihan!

Lokasinya berada di Desa Kembanglimus Borobudur, sekitar 3 Km dari Candi Borobudur ke arah Kecamatan Salaman. Cari papan nama warung di sisi kanan jalan, lalu masuk jalan kampung sekitar 100 meter. Sampai deh. Dekat juga kok dengan gapura desa menuju rumah doa gedung merpati di Bukit Rhema.

10. Paksi Coffe House

Selanjutnya, jika Anda ingin mencari tempat makan di Magelang yang bisa dijadikan tempat nongkrong sekaligus, ada Paksi Coffe House. Paksi Coffe House merupakan tempat makan sekaligus cafe yang mengangkat tema tempo dulu.

Tempat ini diisi dengan perabotan yang mirip dengan rumah joglo dan benar-benar ala-ala vintage.

Jika Anda dan teman-teman Anda ingin makan sekaligus nongkrong, Paksi Coffe House sangat cocok untuk Anda coba. Anda bisa menemukan tempat ini di Jl. Badrawati, Ngaran I, Borobodur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sumber : Kementerian Pariwisata