10 Kuliner Sukabumi Siap Sambut Pemudik

0
252
Wisata alam di Sukabumi (Foto : Genpi Jabar)

Sukabumi sudah bersiap menyambut pemudik dan para wisatawan saat #PesonaMudik2018 nanti. Salah satu sambutannya adalah dengan sajian kuliner terbaik. Ada beragam sajian juara yang disajikan dan dijamin membuat siapapun bertambah nyaman di Sukabumi.

“Sukabumi ini destinasi pariwisata yang potensial. Lokasinya juga dekat dengan Jakarta. Kawasan ini menjadi destinasi ideal libur Lebaran. Selain atraksinya, Sukabumi juga kaya akan kuliner. Cita rasanya yang ditawarkan juga luar biasa. Semuanya nikmat,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (1/6/2018).

Dengan kekuatannya, Sukabumi menjadi referensi #PesonaMudik2018 dan #PesonaKulinerLebaran2018. Ada beragam kuliner yang ditawarkan. Mulai dari tradisional hingga modern. Yang pasti siap memanjakan lidah. Tempatnya juga menarik dan kekinian sehingga pas untuk menambah koleksi foto di media sosial. Lokasinya juga sangat strategis dan mudah dijangkau.

“Sukabumi punya Pelabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh. Semuanya adalah destinasi besar yang eksotis. Saat berkunjung ke Sukabumi, jangan sampai terlewatkan beragam kuliner nilkmat yang ditawarkan. Sebab, lokasinya strategis,” katanya.

Berikut #Top10KulinerLebaran 2018 di Sukabumi tiga versi TripAdvisor.

1. Gado-Gado Ujang

Menawarkan nuansa tradisional, kuliner ini ditampilkan Sukabumi. Rekomendasinya adalah Gado-Gado Ujang. Lokasinya ada di Jalan Jenderal A Yani 45, Sukabumi.

Gado-Gado Ujang menggunakan beragam sayuran terbaik Sukabumi. Ada juga tambahan tempe dan tahu dan beragam varian lainnya. Rasanya menjadi semakin legit saat dibalur dengan bumbu kacang. Komposisi bumbu kacang khas, pedas atau sedang sama nikmatnya. Sebab, komposisi racikan bahan-bahan bumbunya pas.

2. Mochi Kaswari Lampion

Sukabumi juga menjadi sentra mochi yang nikmat. TripAdvisor memberi rekomendasi Mochi Kaswari Lampion. Lokasinya ada di Jalan Bhayangkara, Gg. Kaswari II, No. 9 dan 19, Sukabumi. Tempat ini sangat strategis. Karena, ada di tengah kota. Harganya pun cukup miring. Ada beragam varian yang ditawarkan, termasuk kuliner camilan lainnya khas Sukabumi.

Layak sebagai rujukan, Lampion merupakan pelopor mochi di Sukabumi. Isian mochi yang ditawarkan pun cukup beragam. Ada cokelat, keju, atau wijen kacang. Untuk harga, 1 renteng mochi 5 box kecil ini dibanderol Rp50 ribu. Lalu, 2 mochi kotak sedang rasa coklat dan wijen dibanderol Rp40 ribu. Sebelum membeli, Mochi Kaswari Lampion juga memberikan tester.

3. Bubur Ayam Bunut Siliwangi

Berlokasi di Jalan Siliwangi 93/131, Sukabumi, Bubur Ayam Bunut Siliwangi ini sangat populer. Cita rasanya nikmat. TripAdvisor merujuknya sebagai #PesonaMudik2018 dan #PesonaKulinerLebaran2018. Pujian diberikan dengan 20% luar biasa, 44% sangat bagus, dan rata-rata 27%. Memanjakan konsumen, tempatnya juga sangat bersih dan nyaman sehingga rasa bisa eksplore maksimal.

Menu favorit yang banyakdicari adalah bubur ayam ati ampela dan usus. Buburnya terasa gurih, harum, juga nikmat dengan komposisi bumbu rempah terbaik. Yang khas, bubur di sini tidak memakai kacang dan daun bawang. Meski demikian, rasanya tetap juara dan semakin otentik. Menyempurnakan rasa, minuman yang pas adalah teh rempah. Untuk satu porsi bubur dihargai Rp20 ribu.

4. Mamih Ungu Cafe and Resto

Tampilan kuliner instagramable juga dimiliki Sukabumi. Kuliner nyentrik ini disajikan Mamih Ungu Cafe and Resto. Lokasinya ada di Jalan Brawijaya No. 16, Sukabumi. Tampilan uniknya ditandai dengan nasi ungu berbentuk kerucut, lalu dikelilingi beragam lauk spesial dengan warna cerah. Selain nasi ungu spesial, ada juga nasi hijau komplit yang eksotis.

Komposisi nasi ungu spesial dan hijau komplit sama-sama nikmat juga fresh. Apalagi, pewarna yang dipakai adalah alami. Di sini juga menyediakan varian lain seperti nasi tutug oncom, chicken cordon blue, dan beef steak. Menemani kuliner unik ini, disajikan imah kopi yang paten atau imah ungu ice coffee frappio. Biar tidak ketingggalan momentum di media sosial, di sini juga tersedia WiFi gratis.

5. Taman Strawberry-Sukabumi

Kombinasi kuliner nikmat dan pesona alam juga disajikan Sukabumi. Konsep unik ini dimiliki Taman Strawberry-Sukabumi. Lokasinya ada di Jalan Kadudampit No. 10, Sukabumi. Suasananya unik lantaran pengunjung juga bisa memetik buah strawberry sembari menikmati kuliner nikmat yang disajikan. Di sini ada beragam menu kuliner sunda dengan konsep makan lesehan.

Di sini ada juga menu ikan nila bakar, udang goreng tepung, dan es krim strawberry. Tersedia juga nasi liwet dengan ikan peda. Taman Strawberry-Sukabumi juga menyediakan beragam dessert, makanan Asia, hingga western. Melengkapi suasana, di sini juga tersedia tempat karaoke untuk keluarga selain kolam ikan yang paten.

6. Praline Coffee Shop & Cake Patisserie

Konsep kuliner modern juga ditawarkan Sukabumi. Rupanya diwujudkan melalui Praline Coffee Shop & Cake Patisserie. Lokasinya ada di Jalan Surya Kencana No. 82, Hotel Anugrah, Sukabumi. Konsepnya diapresiasi TripAdvisor dengan 54% pujian luar biasa, lalu 38% sangat bagus. Menyediakan aneka menu internasional, Praline Coffee Shop & Cake Patisserie menjadi referensi terbaik.

Pengunjung bisa menikmato tom yam noodle dengan rasa nikmat. Praline Coffee Shop & Cake Patisserie juga menyediakan pizza dengan rasa yummy. Tersedia juga beef mushroom burger with fries. Sebagai teman hidangan spesial kopi pun bisa menjadi pilihan utama. Lalu, bisa juga dikombinasi dengan cake atau camilan lainnya. Menguatkan cita rasa kuliner sejati, live music pun disajikan.

7. RM Saung Panorama

Berkonsep nuansa Sunda yang kental disajikan RM Saung Panorama. Lokasinya ada di Jalan Lingkar jalur Sukabumi. Ada beragam kuliner khas yang disajikan. Lebih spesial lagi, semuanya ini disajikan dalam paket menarik. Konsepnya lesehan sehingga semakin nikmat.

Dari sekian banyak menu, ada yang spesial yaitu sop gurame. Dagingnya lunak dengan duri terpisah. Bumbunya sangat meresap dan kuahnya segar. Selain itu ada juga panggang tilapia. Rasa jadi semakin nikmat,apalagi pemandangannya di luar hamparan sawah.

8. Butler Bar & Bistro

Konsep kuliner modern pun ditampilkan Butler Bar & Bistro. Lokasinya ada di Jalan Siliwangi, No. 111, Across Sukabumi’s Mayor House, Sukabumi. Butler Bar & Bistro pun menjadi tempat nongkrong yang ideal bagi generasi zaman now Sukabumi. Selain instagramable, mereka juga menyediakan live music.

Mendukung style kekinian, menu pizza dan juice pun menjadi opsi terbaik. Cream mushroom soupnya juga pantas dicoba, selain chicken kiev. Lalu minumannya banana Zimbabwe. Namun, Butler Bar & Bistro tetap menyajikan kuliner lokal seperti nasi goreng dan rendang.

9. Bubur Ayam Odeon

Kuliner nikmat dan legit ditawarkan Bubur Ayam Odeon. Lokasinya ada di Jalan Odeon, Sukabumi. Cita rasanya luar biasa. Wajar bila TripAdvisor memberikan pujian tinggi bagi Bubur Ayam Odeon. Ada 46% yang menyatakan luar biasa, lalu 54% berlabel sangat bagus. Pujian ini sebanding dengan rasa juara dan tampilan unik kuliner sajian Butler Bar & Bistro ini.

Sedikit berbeda, bubur disajikan lebih encer. Rasanya gurih dan legit. Toppingnya juga mantab dengan cakwe dan ayam, lalu dilengkapi dengan taburan pangsit yang lebih kriuk. Altervatif lainnya, komposisi bubur ala Chinese dengan ayam rebus, sayur asin, dan kenteng manis. Lalu, apapun bubur yang dipilih semuanya nikmat.

10. Ale’s Place Cipoho

Melengkapi koleksinya, kuliner Jepang juga disiapkan Sukabumi bagi para tamu spesialnya. Tempatnya ada di Ale’s Place Cipiho. Alamatnya di Jalan Gamelan Nomor 2, Sukabumi. Bergaya ala Jepang, semua detail ornamennya pun khas. Mereka juga menyediakan beragam komik khas Matahari Terbit. Selaras dengan fasilitas terbaik, beragam menu Jepang juga disiapkan.

Ale’s Place Cipiho menyediakan juga ramen creamy, ramen shoyu, dan ramen siro. Melengkapi menu ini, tersedia juga ramen beef dengan rasa nikmat dan rasa pedas yang sedang. Di sini juga tersedia sushi ala katsu atau crabstik gulung nasi plus rumput laut. Ada juga pisang katsu, takoyaki, dan tahu bom. Untuk minumannya, tersedia ocha sampai aneka softdrink.

Sumber : Kementerian Pariwisata