Wirausaha Kuliner, Ayo Ikut Kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2018

0
339
Bakmi Jowo (Bello.id/Nisa)

Sepanjang bulan Februari hingga pertengahan Maret 2018, Bango membuka kesempatan kepada para pengusaha kuliner di seluruh wilayah Indonesia untuk mendaftarkan usaha dan hidangan terbaik mereka melalui website www.peneruskuliner.com.

Setelah mendaftar, mereka dapat mempromosikan dan menggalang dukungan dari konsumen untuk memilih hidangan mereka melalui platform Instagram dan Facebook. Di akhir Maret 2018 nanti, 20 finalis dengan jumlah vote terbanyak ditambah 2 finalis pilihan dewan juri berhak untuk mengikuti penjurian dan workshop yang akan digelar di Jakarta.

Di sesi penjurian, para finalis akan mempresentasikan hidangan mereka di depan dewan juri yang beranggotakan para legenda kuliner kenamaan, perwakilan dari BEKRAF RI serta tim ahli dari Unilever Food Solutions.

Lalu, di sesi workshop mereka akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang dapat sangat membantu mereka dalam mengembangkan usaha di kemudian hari, seperti pelatihan food safety dan food handling dari tim ahli UFS, serta wawasan mengenai strategi bisnis kuliner oleh tim BEKRAF RI.

Salah seorang legenda kuliner yang menjadi anggota dewan juri adalah Sisca Soewitomo, sosok pesohor kuliner kenamaan. Ia berkata, “Sejalan dengan perkembangan zaman, modifikasi kuliner Nusantara bisa saja terjadi agar dapat terus mengikuti dinamika yang terjadi di tengah para pecinta kuliner.

Namun satu hal yang harus dijaga dan dipertahankan adalah otentisitasnya. Artinya saat kita memodifikasi sebuah hidangan, kita tidak boleh melupakan unsur-unsur utama yang wajib ada di hidangan tersebut, misalnya bumbu dasar, teknik pengolahan, atau yang lainnya. Di sesi penjurian nanti, saya akan menilai kualitas hidangan para finalis, baik itu dari segi otentisitas hidangan, rasa, teknik pengolahan, hingga cara penyajiannya.”

Bapak Senen Riyanto selaku pemilik restoran legendaris Warung Tongseng dan Sate Sederhana Pak Budi yang juga akan menjadi anggota dewan juri dalam kompetisi ini turut berkomentar.

“Nanti saya akan dengan senang hati ikut menginspirasi para wirausaha kuliner muda untuk terus mengembangkan usaha dan pantang menyerah. Saya mengajak sebanyak mungkin wirausaha kuliner dari generasi yang lebih muda untuk bergabung dalam kompetisi ini, supaya kita bisa bersama-sama memajukan kuliner kebanggaan kita.”

Di akhir kompetisi, akan terpilih 5 pemenang yang berhak mendapatkan total hadiah sebesar Rp500 juta untuk membantu mengembangkan usaha mereka sehingga dapat dinikmati oleh lebih banyak pecinta kuliner.

Selain itu, tak kalah menariknya, kelima pemenang ini nantinya dapat berpartisipasi di kemeriahan perayaan ulang tahun Bango ke 90 yaitu Festival Jajanan Bango 2018.