Serunya Wisata Sejarah di Fort Rotterdam Makassar

0
988
(Bello.id/Nisa)

Bello.id—Pernah digunakan sebagai pusat pertahanan, kini Fort Rotterdam jadi satu dari sekian banyak objek menarik di Kota Makassar. Setiap hari terutama di akhir pekan, benteng ini selalu ramai didatangi wisatawan baik dari dalam dan luar Makassar.

Begitu masuk, kamu akan langsung bisa merasakan keseruan menjelajah di Fort Rotterdam. Fort Rotterdam dibangun pada masa Raja Gowa ke-9 yaitu I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi Kallona.

Bangunannya benar-benar menarik. Bentuk benteng ini mirip penyu, sehingga dulu disebut juga Benteng Panyyua. Namun, benteng ini pernah diserang dan dihancurkan oleh Belanda. Setelah itu, benteng dibangun kembali dan diberi nama Fort Rotterdam. Belanda kemudian menggunakannya sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah.

Terdapat beberapa ruangan di dalam Fort Rotterdam seperti ruang penjara, gereja, dan Museum La Galigo. Di Museum La Galigo tersimpan lebih dari 5000 koleksi sejarah seperti naskah-naskah tua, keramik, dan benda-benda kesenian yang digunakan suku Bugis pada zamannya.

Ayo ke Makassar! Jelajahi objek wisata dan kuliner di sini. Klik ini untuk info selengkapnya.