Mengunjungi Rumah Bolon, Wisata Budaya Masyarakat Batak

0
1469

Bello.id—Masyarakat Batak mempunyai kebudayaan yang kaya. Ini bisa kita ketahui dari beberapa sub suku yang dipunyai Suku Batak, antara lain Batak Angkola, Batak Simalungun, Batak Toba, Batak Pakpak, dan Batak Purba.

Kekayaan budaya Batak tersebut salah satunya tercermin dari rumah adatnya yang disebut Rumah Bolon. Rumah ini berbentuk rumah panggung dengan bangunan yang seluruh materialnya dari alam.

Salah satu Rumah Bolon yang bisa kamu nikmati adalah Rumah Bolon Purba yang terletak di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun. Dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Pematang Siantar. Rumah yang dulunya merupakan istana Raja Simalungun ini telah dibangun pada 1515 dengan kayu hutan.

Rumah Bolon terdiri dari Sembilan bagian bangunan. Ada lopou, yang merupakan kamar tidur raja dan ada bagian untuk menerima tamu serta ruangan rapat. Ada pula Balei Bolon, tempat mengadakan musyawarah atau peradilan. Juga Jabu Jungga, kediaman panglima tentara kerajaan.

Selain itu, ada juga Pattangan, sebuah ruangan tempat bertenuh para putri raja, serta Losung Bolon, sebuah bangunan untuk tempat menumbuk padi, dan beberapa bagian lainnya.

Rumah Bolon Purba ini berdiri di dataran tinggi yang dikelilingi oleh lembah-lembah. Suasana alam akan terasa saat kamu berkeliling lokasi wisata bersejarah ini. Jangan lupa berkunjung ke sini ya kalau sedang berlibur di Sumatera Utara!