Ayo Ramaikan Festival Tidore 2018!

0
797

Tidore, pulau indah sarat peninggalan sejarah juga kaya budaya kembali menggelar acara tahunan Festival Tidore. Festival Tidore dijadwalkan berlangsung pada 29 Maret -12 April 2018.

Acara akan berlangsung di Pulau Maitara, sebuah pulau yang dijadikan gambar pada uang lembaran Rp1.000. Pulau Maitara merupakan pulau bersejarah sekaligus batas wilayah antara Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore.

Setidaknya ada tiga rangkaian acara utama yang akan dihadirkan, yaitu Parade Juanga, Penjelajahan Paji, dan prosesi kerajaan oleh Sultan Tidore, serta pembukaan Museum Maritim Dunia di Istana Tidore. Jangan lewatkan menyaksikan Parade Juanga yang menampilkan pelayaran kapal tradisional warna-warni dalam formasi perang.

Armada itu akan dipimpin Sultan Tidore Sultan Tidore Husain Sjah ke-37 ditemani keluarga kerajaan. Selama parade tersebut, ratusan kora-kora atau kapal perang tradisional khas Kesultanan Tidore akan berlayar mengelilingi pulau.

Sultan dan rombongannya kemudian berlayar ke Pulau Ternate dimana akan disambut Sultan Ternate dan Walikota Ternate.

Kesultanan Tidore dan Ternate berlokasi di dua pulau kecil di sebelah barat pulau Halmahera dimana dahulu lebih dikenal sebagai “Pulau Rempah-Rempah”. Dalam sejarah, baik Ternate maupun Tidore pernah menjadi Kesultanan yang berkuasa di Nusantara bagian Timur sebelum kedatangan bangsa barat yang kemudian melakukan kolonisasi.

Tidore merupakan pulau tempat muhibah Ferdinad Magellan mendarat pertama kali untuk mencari cengkeh dan pala tahun 1519. Ekspedisi tersebut terbukti merupakan pelayaran bersejarah yang amat penting.

Muhibah Magellan menjadi armada pertama yang mengelilingi planet Bumi dimana membuktikan sekali dan untuk selamanya bahwa bumi itu bulat dan tidak rata. Itulah alasan mengapa kini Pemerintah Daerah memutuskan untuk membangun Museum Maritim Dunia.

Selain itu, pada Pertemuan Global Network of Magellan Cities (GNMC) di Lisbon, Portugal pada Januari 2017 telah menunjuk Tidore sebagai lokasi puncak dan pelabuhan terakhir dalam Peringatan Ekspedisi Pelayaran Ferdinand Magellan 500 Tahun. Nantinya dijadwalkan pelayaran dari sejumlah negara Eropa akan dimulai dari Lisbon pada Februari 2019.

Itu merupakan peringatan internasional bagi muhibah bersejarah Ferdinad Magellan tahun 1519. Kapal-kapal dari Eropa akan menelusuri rute yang sama dengan yang ditempuh Magellan di seluruh dunia untuk menemukan Pulau Tidore di Maluku Utara.

Sumber : Kementerian Pariwisata