Tiongkok Kecil dan Aktivitas Berburu Batik Lasem

0
929
(Foto : Bello.id/Nisa)

Bello.id—Batik Lasem punya posisi tersendiri di mata pecinta batik Indonesia. Batik yang lahir dari sebuah kota kecil di pesisir Jawa ini memang terkenal begitu kental dengan budaya tiongkok.

Memasuki kota ini, kita akan disambut tembok-tembok tua yang berdiri kokoh. Di balik tembok tua itu tersimpan cerita panjang pendaratan masyarakat Tiongkok di Jawa pada abad ke-15.

Kala itu masyarakat Tiongkok mulai berbaur dan melakukan berbagai aktivitas di Lasem. Itulah mengapa Lasem juga dikenal dengan Tiongkok kecil.

Sejarah itulah yang kemudian menjadikan batik Lasem terkenal mempunyai motif paduan budaya Tiongkok dan Jawa. Motif batik Lasem terkenal dengan warna merah darah ayam yang juga disebut motif abang getih pithik.

Seiring perkembangan, warna batik Lasem semakin beragam, mulai dengan warna-warna yang terkesan berani hingga warna kalem. Satu yang khas adalah semua batik Lasem adalah batik tulis.

Berkunjung ke Tiongkok kecil ini, kita bisa menjumpai cukup banyak pengrajin batik dan toko-toko yang menjual batik Lasem berbagai motif. Harganya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari bahan, motif, dan banyaknya warna yang digunakan.

Salah satu sentra pengrajin batik yang bisa kita temui ada di Desa Babagan. Di sini aktivitas membatik bisa kita saksikan. Di beberapa rumah, kita juga bisa belajar membatik langsung dari pengrajinnya.

Jika tertarik dengan hasil batiknya, kita bisa langsung membelinya di sini. Ayo berburu batik Lasem!