Yuk, Intip Keistimewaan KA Bandara Soetta

0
555

Bello.id – 26 Desember 2017, Bandara Soekarno Hatta resmi dapat mulai dinikmati masyarakat. Dengan harga perkenalan Rp30 ribu per orang, masyarakat dapat merasakan keistimewaan kereta yang diklaim tak kalah dengan kereta bandara di Tiongkok dan Singapura ini.

Apa saja yang menarik dari Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta ini?

Dalam masa uji coba, KA Bandara Soetta akan melayani 3 dari 5 stasiun yang direncanakan, yaitu Stasiun BNI City – Batu Ceper – Bandara Soetta.

Nantinya, setelah pembangunan peron di Stasiun Manggarai selesai, KA Bandara Soetta akan mengawali pemberangkatan dari Stasiun Manggarai, sehingga nantinya ada 5 stasiun yang dilayani yaitu Stasiun Manggarai – BNI City – Duri – Batu Ceper – Bandara Soetta.

Sementara, KA Bandara Soetta akan melayani 42 kali pemberangkatan, dari target 82 kali pemberangkatan setiap hari.

Fasilitas yang bisa dinikmati penumpang antara lain tempat mengisi daya alat komunikasi yang terletak di antara dua kursi di bawah letakan tangan.

Toiletnya? Tak kalah mewah dari hotel bintang 4. Desainnya dibuat persis seperti toilet pesawat terbang. Dan semuanya diset terpisah antara wanita dan pria. .

Selain itu, ada tempat untuk mengganti baju atau mengurus bayi. Di kereta ini, disediakan pula ruang kabinet yang besar untuk menyimpan barang seperti koper. Letaknya tepat di samping toilet.

Kereta ini memiliki 10 trainset dengan 6 gerbong setiap trainsetnya. Kereta mampu mengangkut 272 penumpang. Waktu tempuh kereta sekitar 55 menit dari Stasiun Manggarai ke Bandara Soetta.

Di stasiun Sudirman Baru perjalanan KA pertama akan dimulai pada pukul 03.47 dan terakhir pada 21.47. Sementara dari stasiun Bandara Soekarno-Hatta KA pertama akan berangkat pada pukul 06.10 dan terakhir pada 23.10.

Jadwal keberangkatan kereta akan berjarak setiap 30 menit.

Di Bandara Soekarno-Hatta, penumpang juga bisa langsung memanfaatkan fasilitas penunjang lainnya. Untuk mobilitas perpindahan antarterminal. Yaitu adalah Sky Train atau Kereta Layang (KALAYANG).

Sky Train atau KALAYANG di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai tanggal 26 Desember 2017 ini akan beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27 – 00.17 WIB.

Dimana waktu tersebut menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KA bandara di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan 4 jam sisanya dialokasikan untuk daily maintenance dan istirahat.

Selain itu penumpang juga bisa memilih menggunakan bus antarterminal yang kini tempat pemberhentiannya sudah semakin dekat dengan terminal kedatangan. Tempat tunggunya pun sudah dilengkapi dengan charging facilities, vending machine serta bangku yang nyaman.

Ke depan, pembangunan KALAYANG tahap II akan dapat menyambungkan keseluruhan area bandara dimana saat ini jalurnya adalah terminal 1, terminal 2, Integrated Building dan terminal 3, dan nantinya terhubung dengan terminal 4 serta Sky Hub (commercial area).

Sumber : Kementerian Pariwisata