Tips agar Nyaman Mendaki Ijen

0
590
Jalur menuju Ijen (Bello.id/Nisa)

Bello.id—Liburan yang menyenangkan tentu butuh persiapan. Apalagi jika destinasi yang kamu tuju adalah pegunungan dengan jalur pendakian yang cukup tinggi.

Sama halnya dengan mendaki Gunung Ijen. Dengan kemiringan 25—35 derajat, mendaki Ijen bisa membuatmu terengah-engah. Terutama jika kamu adalah pemula.

Secara administratif, Ijen terletak di tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Keindahan blue fire menjadi daya tarik utama destinasi ini.

Nah, jadi apa saja hal yang perlu dipersiapkan agar liburanmu ke Ijen berjalan lancar? Yuk simak tipsnya :

  1. Olahraga

Memersiapkan fisik yang baik bisa membuat aktivitas pendakianmu lebih nyaman. Olahraga beberapa minggu sebelum berangkat ke Ijen disarankan agar kamu tak mudah kelelahan. Kamu bisa memilih untuk lari atau bersepeda untuk memersiapkan dirimu.

2. Pakaian yang nyaman

Baju tebal, syal, dan topi kupluk yang nyaman adalah pakaian yang cocok untukmu. Jangan lupa juga gunakan alas kaki yang nyaman karena jalur pendakian yang cukup licin dan berkerikil.

Jalur menurun menuju blue fire (Bello.id/Nisa)

3. Makan secukupnya

Untuk mengisi tenaga, isi perutmu dengan makanan secukupnya beberapa saat sebelum pendakian. Kamu juga bisa membawa bekal atau camilan yang cukup untuk berjaga-jaga kalau kamu kelaparan saat sudah berada di atas. Tapi jangan lupa simpan sampah makananmu dalam tempat yang sudah disediakan ya.

4. Buang air

Usahakan untuk buang air kecil atau buang air besar sesaat sebelum naik ya, karena sepanjang jalur pendakian kamu tidak akan menemukan toilet umum.

Untuk bisa menikmati blue fire, kamu harus menempuh 3 kilometer perjalanan mendaki dan 700 meter menuruni bebatuan menuju kawah. Untuk membantu pendakianmu, kamu juga bisa menggunakan tongkat kayu yang bisa kamu cari sebelum mendaki.

Setelah sampai di atas dan akan menuruni kawah, kamu akan merasakan bau belerang yang sangat menyengat. Amankan dirimu dengan masker respirator, yang juga bisa kamu sewa di sana.

Dan, tips terakhir yang paling penting adalah nikmatilah perjalananmu. Banyak hal yang bisa kamu lihat dan rasakan. Blue fire yang indah, matahari terbit, dan kawah Ijen yang memesona siap memanjakan matamu.

Sudah siap menjelajah Ijen?