Rahasia Kenikmatan Ikan Bakar ala Kalimantan Selatan

0
1265
Ikan bakar di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Foto : Bello.id/Jundi)

Bello.id – Kalau kamu pecinta hidangan ikan  sejati, terutama ikan laut yang dibakar, kamu harus mencoba sajian ikan kakap merah bakar di Rumah Makan Alan MHM.

Rumah makan yang tepat berada di persimpangan jalan ini, merupakan rumah makan yang menyajikan ikan bakar babaraan terbaik di Kabupaten Tanah Bumbu, bahkan Kalimantan Selatan!

Tidak heran meski sudah lebih dari tiga kali pindah lokasi, Rumah Makan ini selalu saja ramai, baik waktu makan siang ataupun makan malam. Bahkan, penikmat ikan bakar berasal dari berbagai kalangan.

Dari mulai masyarakat yang sekedar membeli lauk untuk makan di rumah, atau pejabat pejabat negara yang kebetulan singgah disini.

‘Ikan bakar dengan bumbu racikan saya tuh kesukaan Pak Bupati, kalo ada acara keluarga pasti kita yang ditunjuk buat menyiapkan hidangan, atau ada kunjungan dinas dari daerah lain, pasti Bapak ajak rekan kerjanya kesini’ ujar Mas Alan, pemilik rumah makan, sembari  menunjuk foto bupati Tanah Bumbu di dinding dengan dekorasi kayu berwarna merah cerah.

Menurutnya, peran bupati tersebut sangat berdampak pada usaha yang sudah digelutinya lebih dari 10 tahun.

‘Dulu susah banget sewa tempat di sekitar sini, biayanya naik terus. Sampe akhirnya saya ngga sanggup bayar sama pemilik tanah, Pak Bupati malah sukarela ngebiayain. Katanya biar saya tetap bisa jualan.  Beliau baik banget’ ungkapnya berbinar.

Mas Alan, begitu ia akrab disapa oleh warga sekitar, merupakan penjual ikan bakar nikmat dengan resep yang rahasia. Kenikmatan ikan bakar buatannya membuat banyak pengusaha mengajaknya bekerja sama. Namun rahasia dapur tetaplah rahasia.

Baginya jika belum tanda tangan kontrak kesepakatan untuk penjualan resep, sepatah kata pun tidak akan terucap apa yang membuat ikan bakar buatannya begitu enak. Lalu berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk para pengusaha yang ingin menjual ikan bakar yang sama dengan resepnya?

“Siapin aja uang empat puluh juta, ngga kurang seribu, pokonya pas. Empat puluh juta rupiah. Saya akan kasih tau semua, dari mulai ikannya, bahan bumbunya, cara bakarnya, dan lain-lainnya. Pokoknya sampai rasanya sama dengan yang saya buat disini. Kalo beda, ambil lagi aja uangnya” paparnya sembari membolak-balikan ikan yang ia bakar. Ada 2 restoran di Jawa Barat yang sudah membeli resep rahasia dari Mas Alan, tapi ketika saya tanya detailnya, beliau enggan menjawab.

“Masnya kan asli dari Jawa Barat, nanti kalo tahu dimana resep saya selain disini, mas ga akan balik lagi dong ke Tanah Bumbu hehehe” paparnya terkekeh.

Ah, baiklah. Saya simpan pertanyaan ini agar saya selalu rindu dengan ikan bakar Rumah Makan Alan MHM dan berpikir akan kembali kesini suatu saat nanti.

Rumah makan Alan MHM ini hanya menyajikan makanan berupa ikan babaraan bakar, dengan kuah sayur santan, dan juga lalapan serta nasi. Harga yang harus kamu bayar untuk satu paket makanan tersebut adalah Rp40.000.