Cegah Mabuk Laut dengan 5 Tips Ini

0
578
KM Sabuk Nusantara 66 (Foto : Bello.id/Nisa)

Bello.id – Saat traveling, perjalanan laut kadang tidak bisa kita hindari. Apalagi, sebagai negara kepulauan kita akan dihadapkan dengan keharusan berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya.

Nah, kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah mabuk laut? Seringkali saat menggunakan kapal atau moda transportasi air, perut mengalami mual disertai pusing yang berkepanjangan.

Coba deh lima tips ini agar terhindar dari mabuk laut :

  1. Pastikan Perut Tidak Dalam Keadaan Kosong

Penting untuk diketahui, penyebab utama mabuk laut adalah karena perut dalam keadaan kosong ketika perjalanan.

Makanlah yang cukup sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum perjalanan dimulai. Lalu, apabila perjalananmu banyak memakan waktu, pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup untuk menghindari masuk angin di perjalanan.

  1. Bawa Obat Anti Mabuk

Apabila menahan rasa mual terbilang cukup sulit, pastikan kamu membawa obat anti mabuk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika perlu, pastikan kamu meminumnya 15 menit sebelum perjalanan dimulai.

  1. Cukupi Kebutuhan Akan Udara Segar

Cara ampuh untuk mengatasi mabuk laut adalah dengan memastikan bahwa dirimu terpapar udara segar.

Jadi ketika rasa mual tersebut muncul, carilah udara segar dan buat dirimu kembali tercukupi asupan oksigennya. Lambat laun rasa mual tersebut pun ikut hilang. Kamu bisa pergi ke dek luar untuk mendapatkan udara segar.

  1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan mual yang timbul karena mabuk laut. Selain dikenal sebagai indera pendengar, telinga ternyata diciptakan untuk menjaga keseimbangan tubuh pemiliknya.

Gunakan earphone dan putar lagu kesukaanmu sehingga membuat dirimu merasa nyaman. Hal tersebut akan sangan membantu.

  1. Hindari Aroma Tak Sedap

Aroma tak sedap seringkali menjadi ‘pemantik’ munculnya rasa mual. Terutama jika dalam perjalanan menggunakan kapal, bau bahan bakar kapal solar terasa sangat menyengat sehingga cukup membuat siapapun yang menciumnya terasa pusing.

Gunakan masker untuk mengurangi intensitas bau dari aroma tersebut, dan jika memungkinkan berpindahlah tempat duduk ke bagian yang lebih tertutup.