Melihat Kemegahan Istano Basa Pagaruyung

0
1862
(Bello.id/Nisa)

Bello.id – Tak lengkap berkunjung ke Sumatera Barat kalau belum mengunjungi rumah adatnya. Salah satu yang terkenal adalah sebuah istana yang dinamakan Istano Basa Pagaruyung.

Bello.id/Nisa

Istana Pagaruyung terletak di Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, yang berjarak 110 Km dari Kota Padang.

Dulunya, istana ini merupakan bangunan tempat tinggal dan tempat raja menjalankan pemerintahan.

Menginjakkan kaki di sini, kamu akan dibuat terkagum dengan kemegahan bangunannya. Istana yang ada sekarang sebenarnya adalah replika dari bangunan aslinya yang pernah terbakar pada tahun 1804.

Bello.id/Nisa
Bello.id/Nisa

Setelah dibangun kembali, istana kembali terbakar pada 1966. Dan berlanjut pada 2007, Istano Basa Pagaruyung tersambar petir, sehingga peninggalan yang masih bertahan saat ini hanya 15 persen.

Istana Pagaruyung terdiri dari tiga lantai, dengan 72 tonggak sebagai penopang bangunan. Setiap lantai memiliki fungsinya masing-masing.

Kemegahan Istana Baso Pagaruyung disebabkan oleh ornamen-ornamen khas Minangkabau yang jika ditotal jumlahnya mencapai 58 motif.

Bello.id/Nisa

Terdiri dari tiga lantai, lantai dasar merupakan ruangan yang cukup luas yang digunakan untuk kegiatan pemerintahan, termasuk menerima tamu. Di bagian tengah terdapat singgasana raja. Sementara, bagian belakang terdapat kamar-kamar bagi putri-putri raja yang sudah menikah.

Naik ke lantai kedua, merupakan kamar bagi putri raja yang belum menikah. Sementara di lantai ketiga merupakan kamar peristirahatan raja yang saat ini menjadi lokasi penyimpanan pusaka kerajaan, seperti pedang, tombak, serta senjata peninggalan Belanda.

Bello.id/Nisa

Kita juga bisa melihat keindahan Gunung Merapi di kejauhan dari sini.

Bagaimana, kamu tertarik melihat sendiri kemegahan Istano Basa Pagaruyung?

Yuk, traveling ke Sumatera Barat bareng Bello!