Ini Dia Rangkaian Event Pariwisata di Sumatera Barat Tahun 2018

0
467

Tahun 2018, ada puluhan festival di Sumatera Barat yang bisa kamu pilih. Ada festival budaya, olahraga, fesyen, hingga festival kuliner. Berikut ini serangkaian festival tersebut mulai bulan Januari hingga Desember.

Januari

Lomba adu kecepatan sapi yang dikenal dengan Pacu Jawi diselenggarakan pada bulan ini setiap Sabtu di Kabupaten Tanah Datar. Januari sekaligus menjadi bulan penyelenggaraan Hari Jadi Pasaman Barat (1-7 Januari) dan Serantau Sasurambi Baralak Gadang (12-14 Januari).

Februari

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sijunjung, Festival Lansek Manih 2018 akan diselenggarakan pada 14-18 Februari. Acara ini akan diisi berbagai lomba tradisional seperti lomba talempong, pacik, saluang dendang, nyanyi dan masih banyak lagi.

Maret

Ada empat festival yang akan digelar pada bulan ini yaitu Festival Imam Bonjol (23-25 Maret) di Equator Bonjol, Festival Lima Danau (16-18 Maret) di Danau Kembar, Bukittinggi 10K (10 Maret) di Bukittinggi dan Payakumbuh Fashion Carnaval (24-25 Maret) di Ngalau Indah. Bukittinggi 10k sudah diselenggarakan lebih dari 15 kali dan setiap tahunnya selalu diikuti oleh ribuan pelari. Anda yang cinta dengan olahraga lari, rencakanlah untuk berpatisipasi di dalamnya.

April

Festival Gondoriah yang digelar pada 27-29 April di Kota Pariaman merupakan salah satu acara unggulan di bulan ini. Anda akan menyaksikan lomba-lomba tradisional seperti lomba memasak kepala ikan, lomba baju kuruang basiba, lomba maelo pukek hingga lomba lagu pariwisata. Di samping itu, Anda memiliki banyak pilihan festival di bulan ini seperti Festival Langkisau (18-22 April) di Pantai Carocok, Festival Pasie Maelo (20-22 April) di Pantai Tiram, Napak Tilas Dharmasraya Heritage (7-8 April) di Kawasan Candi Padang Roco, dan Festival Materinial (7-8 April) di Perkampungan Adat Kabupaten Sijunjung.

Mei

Saksikan para atlet paralayang tampil pada Agam Paralayang Internasional (3-5 Mei) di Puncak Lawang. Dataran tinggi ini menyuguhkan hamparan bukit yang subur dan indahnya Danau Maninjau. Setelah itu, Anda bisa mencoba jelajahi budaya Minangkabau di Kabupaten Tanah Datar pada 12-13 Mei.

Juni

Pecinta kuliner Padang diundang untuk menikmati sajian dari daerah ini pada 28-30 Juni di Pantai Padang. Sementara itu, Anda penggemar olahraga lari juga diajak memeriahkan Nyarai Jungle Run pada 24 Juni di Kabupaten Padang Pariaman.

Juli

Permainan unik pacu codang akan dirangkaikan khusus ke dalam sebuah festival. Ini adalah permainan yang menggunakan batang pohon pisang yang kemudian disusun seperti getek. Saksikan Festival Pacu Codang Batang Suliti yang diselenggarakan pada 6-8 Juli di Pasir Talang. ACara lain yang digelar pada bulan ini adalah Pariaman Kreatif (13-15 Juli) di Kantor Bupat Padang Pariaman, Festival Randai (20-22 Juli) di Kota Sawahlunto dan Festival Silek Tradisi (6-8 Juli) di Kota Bukittinggi.

Agustus

Cantiknya helai demi helai songket akan diperkenalkan lewat event Sawahlunto International Songket Carnival (SISCa) IV pada 24-26 Agustus di Kota Sawahlunto. Selain itu, Agustus juga akan menjadi bulan penyelenggaraan bagi Payakumbuh Fashion Carnaval (18 Agustus), Silokek Adventture (22-23 Agustus) di Silokek, Mount Talang Explore (17 Agustus) di Gunung Talang, Festival Bahari Mande (19-21 Agustus) di Tarusan dan Pasa Harau (24-26 Agustus) di Lembah Harau.

September

Toude de Singkarak, event balap sepeda terbesar se-Indonesia, akan diselenggarakan pada 5-14 September. Pilihan festival lain yang dapat Anda nikmati di bulan September adalah Festival Pesona Hoyak Tabuik (12-16 September) di Pantai Gondoriah, Festival Serambi Mekkah (21-23 September) di Lapangan Banca Lawch, Lintas Arung Jeram (28-30 September) di Bantai Sangi, Festival Equtor (21-23 September) di Equator Bonjol dan Pesona Aie Bangih (7-9 September) di Pantai Aie Bangih.

Oktober

Bulan ini giliran West Sumatera Travel Mart (11-14 Oktober) yang akan mengisi liburan Anda. Jangan lewatkan juga atraksi unik Pacu Tabang Itiak (Juli-Oktober setiap Sabtu dan Minggu) di Kabupaten Lima Puluh Kota, serta Festival Pesona Mentawai (7-10 Oktober) di Pantai Mapadegat.

November

Penggemar olahraga kembali dipanggil untuk berpartisipasi di Pariaman Triathlon International (21-25 November) yang diselenggarakan di Pantai Cermin, sementara Anda pecinta paralayang, cobalah menjajal alam Langkisau dalam Langkisau International Paragliding Open (2-5 November)

Desember

Di penghujung tahun, Anda disuguhkan tiga pilihan festival di Sumatera Barat, yaitu Festival Budaya Daerah (1-18 Desember), Festival Silek (13 Desember) dan Baralek Gadang Festival (14 Desember).

Sumber : Kementerian Pariwisata