Menikmati Masakan Rumah dan Suasana Pedesaan di Warung Kopi Klotok Jogja

0
2417
Warung Kopi Klotok (Bello.id/Nisa)

Ingin merasakan makan siang dengan suasana pedesaan yang sejuk dan makanan rumahan dengan rasa yang nikmat? Nah, kalau kamu berkunjung ke Jogja mampirlah ke Warung Kopi Klotok yang terletak di Jalan Kaliurang Km. 16.

Meski namanya warung kopi, warung makan ini juga menyediakan menu lauk pauk khas makanan rumah lho. Kopi klotok sendiri adalah kopi yang disajikan sederhana, yaitu kopi bubuk dimasak dalam panci panas tanpa air. Setelah beraroma sedikit gosong barulah disiram air hingga mendidih.

Berbagai sayur dan lauk tersedia di warung makan ini (Bello.id/Nisa)

Tentu saja bukan hanya kopi klotok yang nikmat. Warung makan ini juga menawarkan sajian lain seperti sego megono dan berbagai sayur seperti lodeh lombok ijo, lodeh kluweh, dan lodeh terong. Pembeli dapat memilih sendiri menu apa yang diinginkan.

Sementara itu, pisang goreng menjadi camilan andalan di sana. Ini terlihat dari banyaknya buah pisang yang tersedia di dapur.

Bagian dapur Warung Kopi Klotok (Bello.id/Nisa)

Yang unik dari bangunan utama warung makan ini adalah bentuk joglo limasan kuno. Bangunan ini cukup luas, terdiri dari tiga bagian yaitu bagian teras, dan dua bagian lagi. Bagian belakang menyatu dengan dapur yang dibiarkan menyatu dengan meja-meja makan. Benar-benar tradisional dan sangat nyaman!

Furnitur yang ada di warung makan ini semua tradisional. Membuat pengunjung betah berlama-lama. Kalau duduk di bagian teras, kita akan merasakan suasana sejuk dan indah karena warung ini langsung menghadap utara ke arah Gunung Merapi.

Suasana di dalam Warung Kopi Klotok (Bello.id/Nisa)

Makanan di sini cukup terjangkau. Untuk makan nasi dan sayur sepuasnya hanya dikenakan Rp11.500. Sementara harga kopi klotok Rp5000, dan harga minuman lainnya berkisar Rp1.000—Rp6.500.

Uniknya, Warung Kopi Klotok tak hanya ramai saat akhir pekan. Hari kerja, terutama saat makan siang warung makan ini juga selalu dipenuhi para pembeli. Penasaran mencoba nikmatnya makan di sini?

Yuk, kulineran ke Jogja bareng dalam program Food Tour. Klik di sini untuk info selengkapnya ya.