Keseruan Festival Tungguk Tembakau 2017 di Boyolali

0
103

Tungguk Tembakau Festival adalah sebuah acara unik sekaligus menarik yang hadir di Desa Senden, Kab. Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, pada pada 30 Juli – 6 Agustus 2017. Dalam festival ini Anda dapat menikmati serangkaian kegiatan budaya menyambut panen tembakau di Boyolali.

Rangkaian acaranya antara lain, prosesi ritual Tungguk Tembakau, panen jazz festival dengan menampilkan musisi-musisi jazz ternama Indonesia, hingga pengembangan pariwisata Boyolali berupa Camping Ground.

Tungguk tembakau telah menjadi sebuah ritual persembahan tradisional masyarakat di kawasan lereng timur Merapi-Merbabu. Kegiatannya dilaksanakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas tanaman tembakau yang dapat tumbuh dengan baik dan memberi berkah kesejahteraan untuk warga.

Kesukesan acara Tungguk Tembakau Festival tahun lalu dihadiri sekira 10.000 pengunjung. Hal itu mendorong masyarakat dikawasan ini kembali menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai acara rutin yang selain sebagai upaya dialog kebudayaan untuk membangun posisi tawar petani tembakau di Indonesia.

Selain itu, sebagai upaya memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal kepada dunia Internasional sekaligus sebagai ajang promosi wisata Jawa Tengah.

Festival ini digelar dengan tujuan untuk membangun dialog kebudayaan yang dilaksanakan setiap tahunnya, dikemas dalam esensi dan nilai-nilai budaya yang mengakar kuat dan mampu menjadikan budaya dan tradisi masyarkat Jawa dapat diwariskan lintas generasi guna upaya memperkenalkan keindahan budaya dan tradisi Indonesia di mata dunia.

Sumber : Kementerian Pariwisata

LEAVE A REPLY