Kemenpar Promosikan 10 Brand Destinasi Wisata Baru

0
410
(Foto : egiaethatarigan.blogspot.co.id)

Demi meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dengan targetnya 20 juta kunjungan pada 2019, Kementerian Pariwisata selain mempromosikan 10 destinasi wisata di Indonesia kini meluncurkan 10 branding baru.

Kesepuluh destinasi dengan branding baru ini antara lain Bandung, Bali, Jakarta, Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Adapun nama-nama brand yang diluncurkan antara lain: Colorful Medan, Wonderful Riau Island, Enjoy Jakarta, Stunning Bandung, Java Cultural Wonders, Majestic Banyuwangi, Bali the Island of Gods, Friendly Lombok, Explore Makassar, serta Coral Wonders untuk  Bunaken, Wakatobi dan Raja Ampat.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, sepuluh destinasi utama tersebut siap di-branding sebagai destinations branding dalam mendukung brand Wonderful Indonesia.

“Sarana dan prasarana pendukung pariwisata di 10 destinasi utama ini yang paling siap sehingga akan mudah di-branding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15 juta dan meningkat menjadi 20 juta pada 2019,’’ ujar Arief Yahya

Menpar menjelaskan bahwa destinasi pariwisata Indonesia yang gencar dipasarkan karena sudah berkembang, serta destinasi yang masih dikembangkan. Berbagai destinasi memang dikategorikan berdasarkan kesiapan amenitas, atraksi dan akses masing-masing, untuk menyambut wisatawan.

Destinasi yang pengembangannya prioritas ada 10, meliputi: Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika, Morotai, Borobudur, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi, dan Labuan Bajo. Sementara itu, 10 daerah yang sektor pariwisatanya sudah berkembang dan lebih siap menyambut banyak turis meliputi 3 destinasi diving: Wakatobi, Raja Ampat, Bunaken, serta 3 destinasi pemasaran: Bali, Jakarta, Kepri, serta Banyuwangi, Bandung, serta Joglosemar.

Ia menyebutkan kesiapan 10 destinasi utama dam branding baru ini menyangkut dalam unsur 3 A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas) yang memudahkan wisatawan apabila berkunjung ke masing-masing destinasi, untuk menikmati fasilitas, sarana akomodasi, ataupun atraksi unggulan yang berada di daerah tersebut.

“Untuk wisata bahari (marine tourism) yang dimiliki oleh daerah Wakatobi, Bunaken, dan Raja Ampat diberi branding baru sebagai Coral Wonders,” ungkapnya.

Tujuan peluncuran branding baru tersebut untuk menyelaraskan sub-brand (branding destinasi) dengan master-brand (Wonderful Indonesia) sehingga memperkuat positioning dari master-brand Wonderful Indonesia. Ini sekaligus akan menciptakan sinergi antara pusat dan daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dari tiap destinasi ke publik Internasional.

Sumber : Kementerian Pariwisata

LEAVE A REPLY