Tour de Lombok 2017 Diikuti 19 Negara

0
548
Pantai Kuta Lombok (Bello.id/Rafi)

Event sport tourism skala internasional, Tour de Lombok Mandalika (TDLM) 2017 yang digelar Kamis (13/4/2017) lalu, berlangsung sukses. Hebatnya, kegiatan ini masuk kategori “2 Poin 2” pada catatan Union Cyclists International (UCI) setelah Filipina.

Peserta TDLM 2017 dilepas Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), TGH M. Zainul Majdi, di depan Pendopo Gubernur, jalan Pejanggik. Sedikitnya ada 21 tim balap sepeda dari 19 negara yang berpartisipasi dalam TDLM 2017. Di antaranya tim dari Indonesia, Laos, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, China, Filipina, Australia, Belanda, Jerman, Perancis, Colombia, Kazakhstan, Mongolia, Singapura, New Zeland, Luxemborg, Italia, Swiss dan Spanyol.

“Tour sepeda ini berbeda. Karena menawarkan tantangan rute balap yang akan mengeksplore keindahan Pulau Lombok dan melintasi sejumlah spot wisata,” kata Zainul usai pelepasan.

Gubernur dua periode ini mengaku, dipilihnya Lombok sebagai ajang balap sepeda “UCI 2.2” memiliki nilai strategis bagi pariwisata di NTB. “Ini sekaligus menunjukkan bahwa Lombok, NTB sangat potensial sebagai destinasi sport tourism, selain wisata konvensional,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Lalu Mohammad Faozal menjelaskan, ada empat etape dalam TDLM 2017, setiap etape akan menampilkan keindahan panorama Pulau Seribu Masjid, dari pantai hingga kawasan hutan dan pegunungan, serta dari kawasan pedesaan hingga perkotaan.

Empat etape itu antara lain etape Kota Mataram-KEK Mandalika (Lombok Tengah) sepanjang 126,3 Km. Dalam etape pertama ini, peserta akan mengambil start di depan Kantor Gubernur NTB di Kota Mataram, kemudian melintasi jalan by pass ke arah Lombok International Airport (LIA) di Lombok Tengah dan menuju kawasan KEK Mandalika.

Sumber : Kementerian Pariwisata