Ayo.. Belajar Budaya Wakatobi di Festival Tukang Besi

0
559

Bello.id – Pada 26-28 Maret ini datanglah ke Pulau Biningko di Waktobi karena ada acara menarik bertajuk Festival Tukang Besi. Binongko sendiri adalah pulau ke empat dari akronim penamaan WakatobI, meliputi Wangi-Wangi (Wa), Kaledupa (Ka), Tomia (To) dan Binongko (Bi).

Kerajinan masyarakat di Pulau Binongko inilah yang menjadikan nama Wakatobi dahulu dikenal dengan Pulau Tukang Besi. Festival ini bertujuan mengangkat kembali kejayaan budaya dan sejarah Pandai Besi yang telah dilahirkan turun temurun.

Ada serangkaian acara hadir dalam festival ini, mulai dari karnaval budaya, tarian balumpa dan tari kreasi, kande-kandea, pagelaran seni, hingga proses pembuatan parang. Selain itu Anda juga dapat melihat atraksi hekafou-fou, helontoa, dan aneka permainan tradisional.

Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu dari 10 kabupaten di Indonesia yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu dari 18 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau besar dan berpenghuni di Wakatobi.

Wilayah Kabupaten Wakatobi didominasi oleh laut mencapai 97% dan daratannya hanya seluas 3% dari total luas wilayah ± 19.200 km2 sehingga potensi sumberdaya alam unggulannya adalah kelautan, perikanan dan sektor pariwisata bahari.

Wakatobi juga merupakan nama kawasan taman nasional yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan luas keseluruhan 1,39 juta hektare, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Daerah yang paling banyak dikunjungi adalah Pulau Hoga yang memiliki keindahan alam baik darat maupun bawah lautnya.

Meskipun Wakatobi merupakan daerah baru namun untuk bisa sampai di Wakatobi bukan hal yang sulit. Moda transportasi udara telah tersedia di daerah ini yang melayani penerbangan setiap hari dengan jalur Makassar-Kendari-Wakatobi. Tersedia pula sarana transporasi laut yang dapat ditempuh baik dari jalur Kendari-Wakatobi maupun Baubau-Wakatobi.

Sumber : Kementerian Pariwisata