Menikmati Ketinggian dari Benteng Tolukko di Ternate dan Benteng Tahula di Tidore

0
2307
Benteng Tolukko di Ternate (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Tidore dan Ternate memang terkenal sebagai jalur rempah sejak ratusan tahun lalu. Gak heran, dari dua pulau yang letaknya berdekatan ini, kamu bisa menemukan jejak peninggalan aktivitas perdagangan bangsa Eropa di sana.

Salah satunya adalah keberadaan benteng-benteng. Ada cukup banyak benteng yang tersebar di Ternate dan Tidore. Kebanyakan benteng dibangun di bukit, sehingga kamu perlu naik sejumlah anak tangga untuk sampai di sana.

Pemandangan Kota Ternate dari Benteng Tolukko (Bello.id/Nisa)
Pemandangan Kota Ternate dari Benteng Tolukko (Bello.id/Nisa)

Di Ternate misalnya, salah satu dari benteng yang harus kamu kunjungi adalah Benteng Tolukko. Dari benteng yang letaknya menghadap laut ini, kamu bisa menikmati indahnya laut dan Kota Ternate.

Benteng Tolukko dibangun oleh seorang panglima Portugis bernama Fransisco Serao tahun 1540. Benteng ini merupakan tempat pertahanan Portugis untuk menguasai cengkeh di Ternate.

Benteng Tolukko berukuran tidak terlalu besar. Di dalamnya terdapat tiga bastion dan ruang bawah tanah. Kamu yang mau mengabadikan momen di benteng ini gak perlu khawatir, karena Benteng Tolukko instagramable banget lho!

Suasana di Benteng Tolukko (Bello.id/Nisa)
Suasana di Benteng Tolukko (Bello.id/Nisa)

Taman dan bentengnya sendiri sangat terawat. Dijamin kamu bakal betah berlama-lama untuk sekedar foto atau menikmati angin sepoi-sepoi dari sini. Oh iya, untuk masuk ke sini tidak dikenakan biaya apapun.

Tidak susah untuk menemukan benteng ini, karena Pulau Ternate sendiri ukurannya cukup kecil.

Nah, tak lengkap rasanya liburan ke Ternate tanpa mengunjungi Kota Tidore Kepulauan atau yang lebih dikenal dengan Tidore. Dari Ternate, Pulau Tidore dapat ditempuh dengan speed boat selama 10 menit atau kapal ferry selama 30 menit.

Salah satu benteng terkenal di sini adalah Benteng Tahula.

Benteng Tahula terletak tak jauh dari pusat kota. Namun, jika kamu menempuh perjalanan dengan ferry, kamu harus menempuh waktu 30 menit dari Pelabuhan Rum di Tidore ke benteng ini dengan naik oto (angkutan umum).

Tak seperti Benteng Tolukko, di depan Benteng Tahula kamu tak akan menemukan tulisan apapun. Hanya gerbang diantara semak belukan yang kamu temukan.

Pemandangan Kota Tidore Kepulauan dari Benteng Tahula (Bello.id/Nisa)
Pemandangan Kota Tidore Kepulauan dari Benteng Tahula (Bello.id/Nisa)

Begitu sampai, kamu akan langsung disambut dengan puluhan anak tangga menuju benteng.

Tapi rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan Kota Tidore yang indah yang bisa kamu nikmati dari atas benteng. Benteng ini cukup luas. Tak heran kamu akan menemukan anak Tidore bermain-main di sana.

Benteng Tahula (Bello.id/Nisa)
Benteng Tahula (Bello.id/Nisa)

Sayangnya, dari luar benteng ini tampak tak begitu terawat, tak seperti Benteng Tolukko di Ternate.

Menurut sejarah, Benteng Tahula dibangun oleh Spanyol pada abad ke-16, dan digunakan untuk pertahanan rempah-rempah mereka. Benteng ini sempat mengalami pemugaran, sehingga hanya bersisa bagian luarnya aja.

Benteng Tahula (Bello.id/Nisa)
Benteng Tahula (Bello.id/Nisa)