Perhatikan Hal-hal Ini Agar Tetap Aman Saat Traveling

0
688
Dua batu besar yang menjadi gerbang masuk ke Pantai Romodong di Belinyu, Pulau Bangka (Foto : Bello.id/Nisa)

Bello.id – Walaupun lagi berlibur, jangan sampai kamu mengabaikan hal-hal penting ya travelers. Terutama soal keamanan.

Perhatikan 5 tips ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan saat kamu traveling.

  1. Riset, riset, riset

Riset tempat yang akan kamu datangi itu penting agar banyak informasi yang bisa kamu gali sebelum tiba. Dengan googling, kamu akan tahu hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di suatu tempat.

Pastikan juga kamu punya pengetahuan yang cukup tentang rute-rute menuju ke sana. Atau paling tidak kamu memilih guide terpercaya atau direkomendasikan oleh traveler lain yang pernah mengunjungi tempat yang sama.

Kalau perlu, catat hal-hal penting yang kamu temukan sebagai bekal untuk menjaga agar tidak ada hal buruk yang terjadi.

2. Gandakan identitasmu

Entah dengan mengkopi atau menyimpannya di email, atau mungkin keduanya, identitas-identitas pentingmu perlu digandakan sebelum bepergian. Simpan di tempat yang aman, atau titip juga pada orang rumah.

Jika kamu bepergian dengan mobil pribadi kamu juga perlu menggandakan kuncinya dan menyimpan salah satunya di tempat yang aman.

3. Simpan uang di tempat aman

Uang bisa jadi suatu yang krusial. Jangan sampai deh kamu kehilangan uang saat lagi traveling. Untuk mengamankannya simpan uang dalam beberapa tempat.

Kamu juga bisa menyimpannya dapat deposit box yang disediakan di hotel. Baca tips menyimpan uang saat traveling di sini.

4. Amankan tasmu

Tempat dimana kamu menyimpan segala macam barang ini jangan sampai lewat dari perhatianmu ya. Baik tas besar atau tas kecil yang kamu bawa-bawa.

Simpan di tempat yang mudah terjangkau dan jangan lengah.

5. Ikuti instingmu

Keasikan liburan bisa membuatmu abai. Ikuti instingmu, dan jangan terlalu mudah percaya dengan orang yang baru kamu kenal.

Selain itu, cobalah untuk tidak terlalu nampak seperti turis. Berpakaianlah selayaknya warga lokal agar kehadiranmu tidak mencolok bagi orang-orang yang mungkin berniat jahat.

LEAVE A REPLY