Cara Cerdas Hemat Budget Saat Traveling

0
581
Ilustrasi hemat (Shutterstock/Carballo)

Bello.id – Budget biasanya jadi salah satu pertimbangan penting saat kamu memutuskan untuk traveling. Kalau budgetmu terbatas, mau gak mau kamu harus pintar mengaturnya biar gak sampai kebablasan.

Apalagi buat kamu yang traveling dalam jangka waktu panjang. Tips di bawah ini bisa banget kamu terapkan :

  1. Bawa Hanya Barang yang Penting

Barang yang kamu bawa bisa berpengaruh terhadap budgetmu. Bagasi pesawat, misalnya. Bawa banyak barang selain merepotkan, juga membuat kamu perlu mengeluarkan budget lebih untuk biaya tambahan.

Selain itu, kamu juga perlu mengecek cuaca di daerah tujuanmu sebelum tiba. Tujuannya agar yang kamu hanya membawa barang-barang yang cocok dengan cuaca setempat. Kalau sedang musim panas misalnya, kamu gak perlu berat-berat bawa jas hujan.

2. Pilih Rute Termurah

Ada banyak jalan menuju Roma. Sama halnya dengan destinasi wisata yang mau kamu tuju. Di sinilah pentingnya melakukan riset sebelum kamu tiba. Kamu harus mencari tahu dulu pilihan jalur mana saja yang bisa kamu tempuh.

Kadang, ada jalur yang dekat tapi sulit dilewati bis umum. Ada juga jalur yang agak jauh, tapi dilewati bis umum, dan pemandangan sepanjang perjalanannya lebih indah. Tinggal kamu pilih yang sesuai dengan budgetmu deh.

3. Masuk Tempat Wisata yang Gratis atau Murah Banget!

Di antara sekian banyak pilihan tempat wisata, pasti ada tempat wisata yang bisa kamu masuki dengan gratis atau biaya murah. Cari tahu dulu tempat-tempat mana saja sebelum kamu tiba. Yogyakarta misalnya, banyak banget tempat wisata murah yang bisa kamu sambangi.

4. Pilih Paket Perjalanan Hemat

Ikutan paket tour gak selalu mahal lho. Kamu malah bisa dapat harga murah karena pihak tour travel biasanya sudah bekerja sama dengan penyedia wisata di daerah setempat. Apalagi kalau kamu pergi bersama traveler lainnya. Dijamin hemat dan gak pakai ribet!

5. Cari Tahu Tempat Makan yang Murah Meriah

Lagi-lagi kamu perlu riset dulu untuk mencari tempat makan dengan kuliner yang khas, enak, dan pastinya murah. Di kota seperti Bali misalnya, kamu bisa kuliner ayam betutu dengan harga murah di restoran sederhana, gak harus restoran mahal.

LEAVE A REPLY