Ayo, Saksikan Budaya Pasola di Sumba…

0
771
(Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Atraksi perang-perangan lembing dengan berkuda khas Sumba, yaitu Pasola, tahun ini akan digelar pada 18-21 Februari juga pada 17-20 Maret di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Tanggal tersebut sudah ditetapkan oleh para Rato (tetua adat) berdasarkan proses perhitungan kalender Sumba yang juga akan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Ndara Tanggu Kaha, serta stakeholder terkait.

Sekertaris Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Wely Rohimone, berharap bahwa Pasola tahun ini diharapkan lebih banyak mengundang wisatawan dari luar negeri.

“Jadwal sudah pasti dan sudah disebarkan informasinya kepada publik. Ada dua kegiatan di bulan Februari dan Maret, sehingga wisatawan bisa memilih dan menentukan jadwal untuk ke Pulau Sumba,” katanya.

Pasola merupakan atraksi wisata yang menjadi ikon budaya Sumba, yaitu upacara perang tradisional berkuda dan saling melempar lembing dari atas punggung kuda yang sedang berlari cepat.

Sebelum Pasola diselenggarakan biasanya diawali dengan pelaksanaan adat nyale, yaitu upacara yang digelar untuk memanjatkan rasa syukur atas musim panen. Hal tersebut ditandai dengan adanya nyale atau cacing laut yang melimpah di pinggir pantai.

Adat ini biasanya dilakukan pada saat bulan purnama. Para Rato biasanya memprediksi bahwa nyale akan keluar pada pagi hari setelah hari mulai terang. Usai nyale diambil maka hewan tersebut terlebih dahulu dibuktikan kebenarannya melalui bentuk serta warna.

Bila nyale gemuk dan sehat maka disinyalir panen akan berhasil, sebaliknya, apabila nyale kurus dan rapuh, masyarakat setempat percaya bahwa ini adalah tanda malapetaka.

Berikut ini jadwal Pasola di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur:

Februari 2017

  • 18 Februari 2017: Pasola Homba Kalayo, Kecamatan Kodi Bangedo
  • 20 Februari 2017: Pasola Bando Kawango, Kecamatan Kodi
  • 21 Februari 2017: Pasola Rara Winyo, Kecamatan Kodi

Maret 2017

  • 17 Maret 2017: Pasola Maliti Bondo Ate (Ratennggaro), Kodi Bangedo
  • 18 Maret 2017: Pasoa Waiha, Kecamatan Kodi Blaghar
  • 20 Maret 2017: Pasola Waingapu, Kecamatan Kodi Blaghar

Sumber : Kementerian Pariwisata

LEAVE A REPLY