Mau Liburan ke Manado Tahun 2017? Cek Dulu Kalender Wisatanya

0
1392
Manado (Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Punya rencana mengunjungi Kota Manado tahun 2017? Beruntung karena Kota Manado pada sepanjang 2017 akan diwarnai oleh berbagai event, mulai dari event mingguan hingga perayaan tahunan.

Dengan dukungan Kementerian Pariwisata sekaligus Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Kalender Pesona Manado 2017, baru saja diluncurkan guna mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Manado, Sulawesi Utara.

Manado menargetkan kunjungan sebanyak 51.110 wisman dan 1,27 juta pergerakkan wisnus, sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mencapai target sebanyak 15 juta wisman dan 265 juta wisnus pada 2017.

Kalender Pesona Manado terbagi menjadi tiga tipe festival, yaitu harian, mingguan dan bulanan. Setiap akhir pekan, wisatawan yang berkunjung ke Manado dapat menaiki kereta kuda atau bendi di sepanjang Jalan Boulevard Manado.

Di samping itu, mulai dari Januari hingga Desember, ada beberapa event terjadwal agar wisatawan bersiap-siap merencanakan kedatangannya ke Manado sejak jauh-jauh hari. Berikut ini event-event yang bisa dinikmati:

Januari

Tandai tanggal 29 Januari untuk melihat event Figura Manado di Kawasan Megamas. Acara ini semakin meriah karena dilengkapi dengan Festival Tulude dan lomba budaya Masamper.

Februari

Perayaan Cap Go Meh di Manado akan berlangsung meriah, karena ada karnaval spesial yang menampilkan arak-arakan dewa kepercayaan dan berbagai tradisi. Semua pertunjukkan ini dipersembahkan oleh komunitas keturunan Tiongkok.

Maret

Hari Raya Nyepi yang jatuh pada bulan ini akan dimeriahkan dengan Festival Ogoh-Ogoh, yang dibawakan oleh Komunitas Hindu di Manado. Selain itu, digelar juga tarian Selendang Biru yang diadakan guna melestarikan tarian ini. Tari Selendang Biru menampilkan beberapa kelompok wanita dari organisasi keagamaan.

April

Bulan April giliran perayaan Paskah yang disorot di sini. Kota Manado yang didominasi oleh umat Kristen akan menyelenggarakan Manado Easter Show. Selama Paskah, pengunjung dibuat puas menyaksikan konser dan parade.

Mei

Cukup banyak event yang berlangsung di bulan Mei, seperti Manado Cantate International, International Choir Festival, Manado Extreme Adventures Tourism dan Internatioal Trail Running.

Juni

Di bulan Ramadhan, Manado pun tak ketinggalan menyelenggarakan acara-acara bernuansa Islami seperti lomba dakwah, lomba hafal Alquran dan pawai obor.

Juli

Ini adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Manado karena hari lahir kota tersebut berlangsung di bulan Juli. Pemerintah setempat akan memeriahkannya dengan pengadaan konser di Jembatan Soekarno, kegiatan lomba, fotografi dan masih banyak lagi.

Agustus

Hari Kemerdekaan RI menggema hingga Manado lewat pesta kemerdekaan. Di bulan ini, diselenggarakan juga Hasher International di Kawasan Hutan Lindung Gunung Tumpa Manado.

September

Suku Bantik, sub-suku asli di Sulawesi Utara, akan berpartisipasi dalam Festival Bantik yang diselenggarakan pada bulan ini.

Oktober

Ini adalah bulan paling meriah sepanjang 2017 di Kota Manado karena acara akbar Manadi Fastastik 7 diselenggarakan selama 10 hari. Pengunjung akan melihat event-event dengan tema fish and coral, serta suguhan fashion, food, parade olahraga dan konser jazz.

November

Menjelang akhir tahun, giliran Manado yang menjadi tuan rumah International Trail Running di alam bebas dan Miss Scuba International, yaitu ajang untuk mencari putri bahari.

Desember

Natal di Manado tentu tak kalah menarik, Festival Christmas berlangsung sepanjang bulan Desember dengan berbagai acara seperti festival paduan suara, bazar natal, dan acara menjelang tahun baru 2018.

Sumber : Kementerian Pariwisata