2017, Aceh Akan Jadi Tuan Rumah Sail Sabang

0
1925
Pantai Iboih, Sabang (Foto : Solpa Puji Harsagi)

Bello.id – Provinsi Aceh kembali bakal mendapatkan kepercayaan besar untuk Pariwisata Indonesia. Itu setelah, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang dipimpin Menpar Arief Yahya menunjuk Kota Sabang, Provinsi Aceh, sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan Sail Indonesia tahun 2017 dan pelaksanaan Sail Sabang 2017.

Mengapa Aceh, salah satunya, karena Sabang sudah menjadi salah satu ikon wisata bahari nasional yang berpotensi menjadi pintu masuk wisman ke tanah air dari ujung barat utara Indonesia.

”Alhamdulillah dan kami siap melaksanakan tugas ini. Tanggal pelaksanaan sudah diputuskan yakni tanggal 1 hingga 7 Desember 2017 mendatang. Segala sesuatunya juga sudah kami kondisikan untuk mensukseskan acara ini, kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan internal kami,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Aceh Reza Pahlevi.

Reza mengatakan, pihaknya langsung menginventarisir, menata, mempercantik dan memperbaiki berbagai fasilitas umum untuk persiapan even tersebut. ”Kalau domainnya pariwisata, maka targetnya adalah kunjungan wisman. Karena ini diperkirakan ribuan wisatawan asing dan domestik akan hadir pada Sail Indonesia di Sabang dan kita harus benar-benar siap menyambut lonjakan kunjungan wisatawan tersebut,” kata Reza.

Sekadar informasi, Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara tahun 2012, Komodo, Nusa Tenggara Timut tahun 2013, Raja Ampat, Papua Barat tahun 2014, dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah, Oktober 2015.

Seperti diketahui, sejumlah perwakilan dari beberapa kementerian menyepakati pelaksanaan Sail Sabang 2017 yang telah diputuskan, beberapa waktu lalu. Hal tersebut disepakati saat rapat persiapan pertemuan ketiga yang berlangsung Aula Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) di Sabang.

Sumber : Kementerian Pariwisata