Tour de Siak Siap Meriahkan Riau Oktober Ini

0
840
(Foto : tripriau.com)

Bello.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Siak siap menggelar event rutin tahunan Internasional Tour de Siak yang akan berlangsung 17-20 Oktober 2016.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian acara TdS 2016 akan dimulai dengan Fun Bike, Pembukaan Lomba Fotografi, dan Pembukaan Pameran Bazar Ekonomi Kreatif.

Ajang sport tourism yang memasuki tahun keempat tersebut tahun ini tidak seperti biasanya, selain akan menonjolkan budaya dan permainan rakyat pada pembukaan, juga akan merubah sedikit jadwalnya.

Pemprov Riau akan memperpanjang rute lintasan balap hingga melewati sejumlah objek wisata di Kabupaten Bengkalis. Rutenya meliputi beberapa objek wisata seperti Istana Siak, Danau Zamrud, Jembatan Siak dan lainnya.

Tahun ini, pembukaan Tour de Siak  akan di laksanakan pukul 14.00 diiringi atraksi 1.000 kompang dan permainan gasing. Hal tersebut sengaja di buat untuk menyambut tamu saat pembukaan.

Dua ribu peserta kompang akan memeriahkan pembukaan TdS 2016 dilapangan Tugu depan Istana. Peserta kompang tersebut memakai tanjak yang sudah di sablon dengan tulisan “Pesona Indonesia”.

Tour de Siak merupakan pergelaran tahunan yang memancing kunjungan pelancong dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura dan beberapa negeri Timur Tengah.

Tour de Siak diharapkan mendongkrak target kunjungan wisatawan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Riau yaitu sebanyak 70.000 orang.  Data Disparekraf Riau, sepanjang 2015 lalu kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi itu mencapai 55.000 orang.

Selain itu, melihat penyelenggaraan sebelumnya, pelaksanaan Tour de Siak memberikan dampak terhadap ‎perkembangan daerah. Manfaat olahraga pun dirasakan oleh seluruh masyarakat tanpa perbedaan kelas.

Sumber : pesonaindonesia.travel