Menikmati “Colorful Bitung” dalam Pesona Selat Lembeh

0
971
Selat Lembeh (Foto : matapelangi.wordpress.com)

Bello.id – Segenap pesona Kota Bitung akan dikumpulkan dan disuguhkan kepada wisatawan lewat Festival Pesona Selat Lembeh 2016 yang berlangsung pada 6-10 Oktober 2016.

Festival ini mengangkat tema “Colorful Bitung” untuk mempromosikan wisata bahari, flora & fauna, industri, sejarah dan budaya di Kota Bitung.

Rangkaian acara Festival Pesona Selat Lembeh 2016 antara lain Bitung Bahari Berseri 10K, Parade Kapal Nelayan dan Pesta Pesisir, Underwater Coral Plantation, Karnaval Pakura Hias, Panggung Budaya Bitung, Pasar Kuliner Pesisir, Tari Kolosal, dan Video Mapping Show.

Bitung merupakan salah satu kota di Indonesia dengan daya tarik ekowisata khas. Cagar alam dan pantainya potensial menarik wisatawan, termasuk adanya primata terkecil di dunia yakni tarsius. Julukan “Kota Cakalang” melekat padanya karena Bitung merupakan kota penghasil ikan cakalang terbesar di Indonesia.

Jika memijakkan kaki di pusat kota tepatnya di Jalan Sam Ratulangi maka kamu akan menemukan patung ikan cakalang mempercantik sudut kotanya.

Kota Bitung menjadi pintu masuk bagi salah satu destinasi menyelam terbaik di Indonesia yaitu Selat Lembeh. Perairan ini menghidupi ikan-ikan raksasa yang sulit ditemui di wilayah manapun di dunia.

Masyarakat Indonesia pun boleh berbangga hati, karena Selat Lembeh dinilai sebagai situs muck diving terbaik di dunia. Muck diving adalah penyelaman di lokasi dengan dasar laut berpasir.

Ekosistem yang unik tersebut merupakan rumah bagi para nudibranch, flamboyant sotong, mimic octopus hingga ikan frog berbulu. Detail kecantikan mereka yang luar biasa merupakan obyek mahal bagi para pecinta fotografi bawah air.

Dari sinilah julukan “The Mecca of Macro Photography” melekat pada Selat Lembeh.

Selain itu, perairan Selat Lembeh mempunyai peran multifungsi seperti pelabuhanan, transportasi laut lokal, perikanan dan kelautan, kegiatan industri, perkapalan, pariwisata, basis keamanan laut, serta laboratorium alami.

Untuk menuju ke Selat Lembeh, dari Manado terdapat penyewaan mobil menuju Bitung. Tarifnya bervariasi, sekira Rp300 ribu.

Sesampainya di Bitung, kamu harus meraih Dermaga Ruko Pateten di Kecamatan Lembeh dan menyebrang menggunakan perahu selama kurang lebih 15 menit. Biaya sekira Rp7500 per orang. Penyeberangan ini relatif sangat aman karena laut terhalang oleh Pulau Lembeh.

Sumber : pesonaindonesia.travel