Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Kota Intan Martapura

0
2402
(Foto : id.wikipedia.org)

Bello.id – Sebagai kota intan, Martapura di Kalimantan Selatan menyimpan destinasi-destinasi wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di kota yang dapat ditempuh 1 jam dari Kota Banjarmasin ini.

  1. Melipir ke Pasar Terapung Lok Baintan

Mendatangi pasar terapung bisa menjadi salah satu aktivitas seru yang kamu lakukan di Martapura. Kamu bisa melihat langsung aktivitas penjual dan pembeli di Sungai Martapura saat pagi hari.

Secara administratif, pasar terapung Lok Baintan sebenarnya terletak di Kabupaten Banjar, yang bertetangga dengan Kabupaten Martapura.

Untuk bisa melihat pasar terapung, kamu harus pergi pagi-pagi sekali. Aktivitas di pasar ini dimulai sehabis subuh hingga sekitar pukul 08.00.

Untuk sampai di sini, kamu bisa menyewa kendaraan hingga tepi Sungai Martapura, dilanjutkan dengan menyusuri sungai menaiki klotok.

Kamu yang tak sempat sarapan bisa mencicipi berbagai panganan khas, mulai dari Soto Banjar hingga kue-kue tradisional. Selain itu, kamu juga akan menemukan banyak penjual buah, sayur, serta bahan-bahan makanan.

2. Penambangan intan di Desa Pumpung

Pendulangan Intan di Desa Pumpung (Bello.id/Nisa)
Pendulangan Intan di Desa Pumpung (Bello.id/Nisa)

Sebagai kota penghasil intan, tentu kamu tak boleh melewatkan melihat aktivitas penambangan intan di kota ini.

Kamu bisa mendatangi Desa Pumpung, Kecamatan Cempaka yang bisa ditempuh sekitar 30 menit dari pusat kota. Di desa ini, masyarakat bekerja sebagai penambang hingga penjual batu permata.

Menyusuri desa ini, kamu bisa menemukan aktivitas penambangan tradisional yang dilakukan masyarakat sekitar. Namun, jangan kaget saat ada banyak orang yang akan menawarkan batu-batuan saat kamu tiba di sana.

Hati-hati jangan langsung membeli ya, karena tidak semua batu yang dijual merupakan batu asli. Kamu bisa membandingkan satu dengan lainnya agar tidak tertipu.

3. Belanja intan di Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat

pasar-intan-martapura-bello-id

Yang tentu sayang kamu lewatkan adalah aktivitas berbelanja intan di Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat. Pasar ini hampir selalu ramai oleh wisatawan yang ingin membeli intan dan perhiasan.

Para penjual menjajakan dagangannya mulai dari emperan pasar, hingga kios-kios. Berbagai macam batu dijual di sini.

Kamu bisa membandingkan macam-macam batu dari berbagai kios di sini. Jangan lupa menawar sampai mendapatkan harga terbaik ya!

Oh iya, tak hanya perhiasan saja, kamu juga bisa membeli oleh-oleh seperti makanan hingga pakaian khas Kalimantan.