Santap Kuliner Minang di Pasa Harau Art & Culture Festival 2016

0
752
Lembah Harau (Foto : bobocantik.com)

Bello.id – Pesona Lembah Harau kini semakin sempurna setelah melihat beragam potensi di baliknya.

Dalam Pasa Harau Art & Culture Festival yang diselenggarakan pada 13-14 September 2016 di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat kamu bisa menyaksikan sendiri memukaunya Lembah Harau.

Inilah pasar seni dan budaya yang akan menampilkan berbagai pertunjukan seni, sekaligus permainan rakyat, olahraga tradisional, jajanan dan makanan khas setempat, benda-benda kerajinan, serta pagelaran upacara tradisional.

Agenda yang dijadwalkan pada 13 September adalah pembukaan, pertunjukan musik tradisional randai, tari piring, santap malam khas Minang dan acara api unggun. Sementara pada 14 September diselenggarakan acara trekking Lembah Harau dan balap anjing.

Tradisi balap anjing sudah dikenal di Tanah Minang sebagai salah satu cara melatih ketangkasan anjing. Ketangkasan itu diuji dengan cara memburu babi hutan.

Kamu juga berkesempatan melihat layang-layang beragam corak dan warna. Layang-layang menjadi simbol penanda kesejahteraan penduduk, semakin banyak layang-layang yang mampu diterbangkan maka semakin makmur keadaan hidup mereka.

Menjelang musim panen tiba, biasanya tradisi menerbangkan layang-layang ini diterbangkan sebagai rasa syukur.

Nikmati juga atraksi panjat kelapa dengan ketinggian pohon mencapai 30 meter. Tentunya bagi mereka yang sudah terlatih, memanjat pohon setinggi itu tidak membutuhkan waktu lama. Tapi bagi Anda yang tidak terbiasa, ini akan menjadi tontonan yang memacu adrenalin.

Sajian bermacam kopi kawa yang menjadi khas Minang bisa Anda nikmati di sini. Kopi ini sangat unik karena dihasilkan dari daun kopi yang disangrai selama 12 jam.

Nilai sejarahnya juga tinggi karena pada zaman koloni, masyarakat tidak diperbolehkan menyeduh kopi yang dihasilkan langsung dari biji, sehingga terciptalah minuman kopi daun ini.

Lembah Harau sendiri merupakan sebuah ngarai berupa dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter. Sekitarnya berupa batu pasir terjal berwarna-warni dengan topografi yang berbukit dan bergelombag.

Bukit-bukit tersebut antara lain Bukit Air Putuh, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang. Berjalan di sini sangat menyenangkan karena lanskap yang begitu hijau dan udaranya masih segar.

Sumber : pesonaindonesia.travel