Saksikan Serunya Festival Pesona Bahari Takabonerate 2016

0
858
(Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Berbagai pertunjukan budaya serta bahari bisa kamu saksikan lewat Festival Pesona Bahari Takabonerate yang diselenggarakan pada 3-6 September 2016 di Pulau Takabonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Para penjelajah laut Indonesia dan pecinta wisata bahari akan menikmati alam serta budaya Takabonerate, sekaligus bertemu dengan para peserta Sail Indonesia yang berlayar dari Darwin, Australia.

Takabonerate Island Expedition 6 merupakan salah satu dari tiga kegiatan internasional yang digelar Pemda Kepulauan Selayar dalam program Explore South Sulawesi selama tujuh tahun terakhir. Acara tersebut kini berganti nama menjadi “Festival Pesona Bahari Takabonerate”.

Kegiatan yang paling dinanti adalah kompetisi fotografi bertaraf internasional yang tahun ini melombakan dua kategori besar, yakni fotografi bawah alam dan fotografi wisata alam budaya Selayar.

Sampai sejauh ini terdata sebanyak 50 orang peserta dari berbagai komunitas dalam dan luar negeri akan berpartisipasi. Mereka akan memperebutkan hadiah berupa uang tunai serta sertifikat penghargaan.

Selain kompetisi fotografi, diselenggarakan juga pagelaran budaya dan kesenian rakyat, famtour kawasan Taman Nasional Takabonerate, lomba foto, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Anda yang ingin menikmati acara ini bisa menghubungi pihak penyelenggara dan membeli paket yang ditawarkan.

Festival Pesona Bahari Takabonerate terus diadakan karena sukses meningkatkan kunjungan wisatawan hingga 25%. Agenda tersebut menjadi program Pemda Kepulauan Selayar dalam rangka mendorong peningkatan jumlah wisatawan di “Bumi Tanadoang”, julukan Kepulauan Selayar, serta dijadikan kegiatan pra-event Sail Takabonerate yang berlangsung pada 2017 mendatang.

Taman Nasional Takabonerate sendiri adalah taman laut terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luasnya sekira 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km2.

Untuk sampai ke Selayar dan Takabonerate, kamu harus mengambil penerbangan ke Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Ada tiga maskapai penerbangan yang beroperasi dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara H. Aeropala Selayar, yaitu Aviastar Airlines, Wings Air dan Express Air.

Apabila menaiki bus umum, dari Bandara Sultan Hasanuddin, Anda bisa mengambil taksi menuju Terminal Bus Mallengkeri menuju Benteng (Selayar) melewati Pelabuhan Bira di Bulukumba.

Di Kota Benteng masih melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Pattumbukan menggunakan mobil sewa dengan lama perjalanan 1,5 jam.

Sumber : pesona.indonesia.travel