Mau Keliling Desa-desa di Bromo? Ayo Ikutan Bromo Marathon!

0
935
Objek wisata Gunung Bromo di Jawa Timur (Bello.id/Nisa)

Bello.id – Hobi lari sekaligus menikmati keindahan alam Indonesia? Bromo Marathon 2016 adalah acara yang tepat untuk kamu ikuti.

Pada 4 September mendatang, ratusan pelari dari berbagai negara akan menjajal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang kecantikannya tak diragukan lagi, sekaligus menyimpan budaya yang khas warga lokal di sana.

Ada tiga kategori lari yang dipertandingkan, yaitu 10 K, full marathon dan half marathon. Pada full marathon, peserta akan memulai di ketinggian 1758 m dpl hingga 2469 m dpl. Rutenya dimulai dari Desa Tosari Tegger, kemudian memutar mengelilingi beberada desa di sekitar Gunung Bromo.

Peserta akan menjumpai keheningan dan kesakralan desa lewat rumah-rumah ibadah yang terdapat di sini, sekaligus ditantang dengan trail yang cukup sulit ketika sampai di Desa Banyumenang. Petualangan itu tetap berlanjut melewati hutan di Desa Ngadiwono untuk menuju Desa Mororejo Ngawu, kemudian berakhir di Desa Tosari.

Pada kategori half marathon, garis start dan finish berada di Desa Tosari. Rute mengkombinasikan berbagai keadaan jalan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berikut beberapa lembah dengan ketinggian 1900-2400 m dpl.

Sementara itu, untuk 10 K, titik start berada di Desa Tosari Tengger dan kembali finish di tempat yang sama, hanya saja ketinggiannya hanya sekira 1700-1975 m dpl. Pada nomor ini, pelari akan melewati trek menanjak untuk memasuki desa kecil di Podokoyo, juga pasar tradisional Tengger.

Bromo Marathon tidak hanya menyuguhkan lanskap yang menarik dan medan yang menantang, tetapi juga membawa peserta untuk melihat langsung bagaimana kehidupan masyarakat Bromo sehari-sehari berikut budaya Tengger yang unik.

Sumber : pesona.indonesia.travel