Liburan ke Bangka, Singgahlah ke Rumah Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta

0
1724
Lokasi pengasingan Bung Karno di Muntok, Bangka (Foto : diasporaiqbal.blogspot.com)

Bello.id – Kalau kamu berlibur di Pulau Bangka, sempatkanlah berkunjung ke Kota Muntok. Di sana kamu bisa melihat peninggalan bersejarah bangsa Indonesia.

Bung Karno dan Bung Hatta pernah diasingkan di kota yang berjarak 3 jam dari Kota Pangkalpinang itu.

Sebelum kemerdekaan Indonesia pada 1945, Bung Karno sudah berkali-kali menjadi tawanan Belanda dan diasingkan ke satu tempat ke tempat yang lain. Mulai dari Bandung hingga Ende dan Bengkulu.

Begitupun dengan Bang Hatta–langkahnya pernah menjejak tanah Banda Neira sebagai seorang pengasingan.

Pada tahun 1948 keduanya pernah diasingkan di Bangka, tepatnya pasca-agresi militer Belanda ke-2. Bung Hatta tiba di Bangka pada 22 Desember 1948, sementara Bung Karno didatangkan dua bulan setelahnya yaitu pada Februari 1949.

Di Bangka, kedua tokoh kemerdekaan ini tinggal di dua tempat berbeda. Bung Hatta tinggal di Wisma Ranggam di atas Bukit Menumbing, sementara Bung Karno tinggal di Kota Muntok.

Dengan menaiki pesawat B-25 di milik Belanda, Bung Karno, Bung Hatta, Sutan Sjahrir, dan K.H. Agus Salim dibawa ke Bangka. Namun, Bung Karno, Sutan Sjahrir, dan K.H. Agus Salim tidak ikut berhenti di sana untuk diasingkan. Mereka justru dibawa melanjutkan penerbangan ke Brastagi, Sumatra Utara.

Pemisahan dua tokoh tersebut dilakukan Belanda untuk menghindari adanya persatuan dari para tokoh yang membuat kekuatan Indonesia semakin menguat.

Namun, berselang dua bulan kemudian yaitu pada 5 Februari 1949 Bung Karno didatangkan ke Bangka.

Peninggalan Bung Karno dan Bung Hatta masih bisa kamu lihat di Bangka. Mulai dari tempat tidur, hingga mobil yang digunakan Bung Hatta selama pengasingan.

Yuk, berwisata ke Bangka!