Yuk.. Liburan Seru Seharian di Payakumbuh

0
3205
Lembah Harau (Foto : wisatamurahpadang.wordpress.com)

Bello.id – Berlibur ke Sumatera Barat, belum lengkap rasanya kalau kamu gak mengunjungi Kota Payakumbuh.

Kota Payakumbuh terletak sekitar 36 Km dari Kota Bukittinggi atau kurang lebih 40 menit perjalanan melalui jalan Raya Bukitttingi–Payakumbuh.

Keindahan alam Payakumbuh yang dihiasi dengan hamparan sawah, hutan hujan tropis yang lebat, serta lembah yang mengelilingi kota ini dijamin akan menyegarkan mata kamu.

Kesegaran pemandangan dari Payakumbuh masih akan terus berlanjut seiring dengan perjalanan ke destinasi berikutnya, yaitu Lembah Harau.

Lembah Harau (Foto : bobocantik.com)
Lembah Harau (Foto : bobocantik.com)

Lembah yang keindahannya disebut-sebut mirip dengan Taman Nasional Yosemite yang ada di Sierra Nevada, California ini  dikelilingi oleh batu-batu granit yang terjal dan curam dengan ketinggian 100–500 m.

Maka tak heran jika lembah indah ini pun menjadi tempat favorit para pemanjat tebing. Selain itu, Lembah Harau asyik dinikmati sambil mengayuh sampan di atas sungai kecil di dekat sana.

Puas menikmati Lembah Harau, kamu bisa wisata kuliner di Payakumbuh. Ada berbagai macam kuliner yang bisa kamu nikmati di sini. Sebut saja ada rendang telur, rendang belut, pangek nila, cencang kambing, sambal gandaria dan ketan sarikayo.

Selain itu, untuk makanan ringan kamu bisa mencicipi batiah dan galamai. Batiah merupakan makanan yang terbuat dari ketan yang digoreng dan dikeringkan. Sementara galamai adalah dodol yang terbuat dari ketan.

Satu lagi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah kelok sembilan. Kelok sembilan merupakan jalan berkelok sembilan. Jika kamu datang dari arah Pekanbaru, kamu akan melewati jalan kelok sembilan ini yang menandai kamu telah masuk wilayah Sumatera Barat.

Penasaran mau menjelajah Payakumbuh? Yuk liburan seru ke Sumatera Barat bareng Bello!