Parade Tari Joged di Buleleng Festival

0
1541
Tugu Singa Ambaraja (Foto : theycarya3.blogspot.com)

Bello.id – Buleleng Festival IV dengan tema “Masterpiece of Buleleng” akan dihelat pada 2-6 Agustus 2016 di Tugu Singa Ambaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Festival tersebut akan mempromosikan potensi pariwisata Buleleng dengan menyajikan kombinasi antara seni, budaya, pendidikan dan lingkungan sosial.

Parade tari joged akbar khas Buleleng akan ditampilkan 100 orang penari. Atraksi utama dari Buleleng tersebut sudah dipersiapkan selama tiga bulan. Selain itu, festival ini juga akan memperkenalkan kuliner unggulan khas Buleleng.

Buleleng memiliki tari-tarian yang memiliki banyak fungsi dalam masyarakat, termasuk tarian sakral. Dalam Buleleng Festival IV ini ada zona-zona pemanfaatan yang disesuaikan dengan karakter tari tersebut.

Tarian yang sakral dipusatkan di Puri, sementara yang di luar bersifat sakral dipentaskan di Sasana Budaya dan panggung.

Buleleng Festival dimulai tahun 2013 lalu. Acara ini digelar berdasarkan ide melestarikan, mendokumentasikan, serta mempromosikan budaya lokal di Kabupaten Buleleng.

Buleleng Festival yang kini menjadi sebuah festival tahunan di Buleleng, diharapkan menjadi daya tarik khusus wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Kabupaten dengan Singa Ambara Raja sebagai ikonnya ini tidak seperti Kuta, Seminyak ataupun Legian, Buleleng jauh dari hingar bingar Pulau Bali.

Oleh karenanya, inilah tempat yang tepat untuk menggapai suasana tentram. Kabupaten Buleleng merupakan daerah utara Bali yang memiliki topografi berbukit serta beberapa gunung berapi dan gunung mati.

Di sini pun terdapat danau dan pantai sehingga Kabupaten Buleleng menyediakan wisata alam yang lengkap.

Sumber : pesona.indonesia.travel