Lewat Jalur Selatan Jawa, Ini 5 Destinasi Memesona di Cilacap

0
2351

Bello.id – Cilacap terkenal sebagai pintu gerbang menuju Pulau Nusakambangan. Namun, tak hanya itu saja. Masih banyak lho objek wisata menarik yang ada di Cilacap.

Kamu yang ingin berlibur ke Cilacap bisa mencatat 5 objek wisata menarik di Cilacap.

1. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu bisa dikatakan merupakan pantai yang menjadi andalan Kota Cilacap. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari pusat kota.

Pantai Teluk Penyu ini membujur dari pelabuhan perikanan samudra Cilacap dengan Pulau Nusakambangan yang terkenal itu.

Ombak dipantai ini terbilang ganas, karena memang letaknya di samudra hindia. Tapi jangan khawatir, karena di pantai ini kamu bisa berenang, menyelam, berjemur dan bermain banana boat, dan melihat ombak yang bergulung-gulung dengan indahnya.

Ketika puas bermain dengan laut, perut pastinya lapar bukan?

Nah, di pantai ini juga terdapat restoran-restoran seafood yang menjual aneka makanan yang menyajikan masakan lezat yang semakin menambah kelaparan perut kamu, seperti cumi-cumi, dan ikan bakar.

2. Pulau Nusakambangan

Iya, Nusakambangan. Tempat penjara para narapidana kelas berat itu.

Jangan ragu. Pulau ini memang tempat perasingan narapidana dengan kasus besar. Pulau ini terletak di sebelah selatan Cilacap.

Untuk menjangkaunya, bisa menggunakan kapal nelayan dari Teluk Penyu dengan jarak tempuh kira-kira selama 10 menit.

Tetapi jangan salah, walaupun Nusakambangan merupakan tempat para narapidana kelas kakap. Namun, sebenarnya pulau ini menyajikan panorama alam yang mengagumkan, serius!

Walaupun image pulau ini terdengar sangat menakutkan,  tetapi sebenarnya pulau ini memiliki daya tarik wisata tersendiri.

Ada banyak sekali tempat wisata di pulau ini, antara lain hutan cagar alam, keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, serta pantai.

Di sini ada benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem, sementara untuk pantai, ada Pantai Karang Pandan. Semuanya eksotis dan masih terlihat asri dan alami.

3. Benteng Pendem

Benteng Pendem merupakan wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan jika berada di Cilacap.

Benteng yang berada di atas tanah 6.5 Ha ini masih berdiri kokoh sebagai saksi sejarah, begaimana kekuasaan Belanda sangat kuat mencakar di Indonesia.

Benteng Pendem dalam bahasa Belanda disebut “Kusbatterij Op De Lantong Te Tjilatjap” ini terletak sekitar 0.5 km dari Pantai Teluk Penyu.

Benteng ini di bangun pemerintah Belanda pada kisaran tahun 1861-1879. Setelah Belanda berakhir, benteng ini dimanfaatkan tentara Jepang sebagai markas, kemudian setelah Jepang pergi, benteng ini juga sempat dijadikan markas TNI dan sempat dimanfaatkan sebagai markas untuk latihan pasukan KOPASSUS yang terkenal mengerikan itu.

Sekarang, bangunan Benteng Pendem ini masih kokoh berdiri, dengan dikelilingi parit.

Di dalam Benteng Pendem ini memiliki 60 kamar/barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.

Dan konon, di benteng Pendem ini terdapat terowongan juga yang menembus sampai samudra Hindia. Terowongan ini dapat digunakan prajurit untuk meloloskan diri jika situsasi terdesak.

4.Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong ini memiliki luas sekitar 6000 meter persegi dan memiliki 4 lantai. 2 lantai berada di atas permukaan tanah sedangkan 2 lantai di bawahnya berada di bawah tanah.

Penempakan Benteng Karang Bolong ini terkesan sangat angker, tetapi kemegahan juga masih jelas terlihat, dengan 3 benteng utama, dimana salah satunya adalah benteng yang bertingkat tiga yang memiliki ruang rapat besar.

Ketika memasuki Benteng Karang Bolong ini kamu akan mendapati meriam Belanda yang masih utuh, karena dulu benteng ini difungsikan sebagai benteng pertahanan, untuk menyerang kapal-kapal musuh yang berada di laut.

Selain meriam, didalam benteng juga terdapat ruang penyiksaan, ruang penjara, ruang senjata, ruang prajurit , dan ruang logsitik. Dan benteng ini juga memiliki lubang-lubang yang berfungsi untuk mengintai musuh.

Benteng Karang Bolong sekarang menjadi salah satu situs peninggalan yang paling bersejarah, menjadi saksi bisu detik-detik kemerdekaan Indonesia.

5. Pantai Widarapayung

Pantai Ini berada di Desa Widarapayung yang berjarak sekitar 35 km ke arah timur Cilacap di Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Walaupun kecil, Pantai Widarapayung ini begitu menawan.

Apalagi dengan berbagai fasilitas yang sudah dibangun, berupa jalanan yang sudah hotmix sehingga kendaraan anda bisa dengan mulus menyusuri jalanan di  pantai ini.

Pantai yang pernah porak poranda dihantam Gelombang Tsunami pada 17 juli 2006 silam ini kondisi pantainya landai, sehingga membuat temapt ini sangat menawan dengan pohon kelapa yang berdiri kokoh dan melambai-lambai. Selain tempat cocok buat kamu bersantai.

Pantai ini juga sangat pas buat kamu yang hobi berselancar, karena ombak Pantai Widrapayung yang cukup tinggi.

Sumber : pesona.indonesia.travel