Nih, 7 Objek Wisata Menarik di Pekalongan

0
1151
(Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Kota Pekalongan telah diakui keberadaannya sebagai kota fashion dengan motif batik yang berkelas dunia.

World’s City of Batik pun ditetapkan sebagai branding kota yang menempel dengan Kabupaten Batang dan Pemalang ini. Wajar, jika segala hal yang terkait batik menjadi menu utama di kota ini.

Para pemudik ke arah Kota Semarang, Kendal, Kudus, Jepara, Demak, Rembang, Grobogan sudah pasti melewati pantura dan Kota Pekalongan.

Jika ingin istirahan mampirlah ke Kota Pekalongan. Atau kalau mudiknya di dekat-dekat Pekalongan, kamu bisa belanja di pasar batik yang sudah go international itu.

Ada banyak lokasi yang bisa kamu kunjungi selama berada di Pekalongan.

  1. Museum Batik

Namanya saja ‘Kota Batik’, maka akan salah fatal bila Anda tidak menyempatkan diri ke museum ini. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi sekitar 1149 koleksi jenis batik.

Tidak cuma batik saja yang dipajang di museum ini namun berbagai hal yang berkaitan dengan batik, termasuk alat membuatnya juga bisa kamu lihat di sini.

Museum Batik Pekalongan terdiri atas tiga rungan dimana ruangan pertama digunakan untuk memamerkan batik-batik dari daerah pesisir Pulau Jawa seperti batik Cirebon, Pekalongan, Batang, dan juga Rembang.

Ruangan kedua digunakan untuk memamerkan batik hasil sumbangan beberapa tokoh penting seperti batik hasil sumbangan mantan presiden SBY, Ibu Ainun Habibie, serta sejumlah tokoh penting lainnya.

Sementara di ruangan pamer ketiga kita akan melihat koleksi batik-batik yang berasal dari berbagai daerah di tanah air seperti Banten, Kalimantan, Garut, Indramayu, Madura, dan Papua.

Lokasi: ‎Jl. Jetayu No.1, Pekalongan

2. International Batik Center

Berbeda dari museum batik, International Batik Center (IBC) adalah kawasan terpadu yang menjual berbagai jenis kerajinan batik. Di sini Anda bisa mendapatkan segala jenis batik. Jadi jangan sampai lupa mampir ke sini selama berada di Pekalongan.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.573, Pekuncen, Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

3. Pantai Pasir Kencana

Setelah puas melihat-lihat dan belanja batik, saatnya kamu menikmati suasana pantai. Pantai Pasir Kencana adalah destinasi favorit di Pekalongan. Untuk menjangkau pantai ini pun tidak begitu sulit karena letaknya tidak jauh dari pusat kota Pekalongan.

Pantai ini terkenal akan pemandangan matahari tenggelamnya, jadi pastinya akan menjadi tempat paling pas untuk melepas lelah setelah seharian berkeliling kota.

Lokasi: Jalan Pantai, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

4. Curug Muncar

Tempat wisata unggulan kota Pekalongan lainnya adalah Curug Muncar. Air terjun yang berada di 1.249 meter di atas permukaan laut ini menjadi salah satu tempat selalu ramai dikunjungi para pelancong.

Udaranya yang sejuk dan suguhan pemandangan alam nan indah akan membuat Anda betah berlama-lama.

Lokasi: Desa Curug Muncar, Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan

5. Kawasan Wisata Linggo Asri

Linggo Asri adalah salah satu objek wisata yang pas buat dikunjungi keluarga. Letaknya yang strategis di tepi jalan lintas provinsi membuat tempat ini mudah diakses.

Ada berbagai macam pilihan wisata yang ditawarkan di kawasan wisata ini seperti rafting atau arung jeram, flying fox, trekking, outbond, taman bermain, kebun binatang mini dll.

Lokasi: Desa Linggo Asri Kecamatan kajen Kabupaten Pekalongan

6. Puncak Hanoman

Di Kabupaten Pekalongan terdapat sebuah Gunung yang bernama Gunung Kendalisodo. Gunung ini memiliki puncak bernama Puncak Hanoman dengan ketinggian 1.697 mdpl.

Setiba di Puncak Hanoman kamu dapat menikmati pemAndangan yang indah dilengkapi dengan udara yang sejuk.

Lokasi: Dusun Karangjoho Desa Samban Kecamatan Bawen

7. Desa Wisata Lolong

Bagi kamu pencinta durian mungkin Desa Wisata Lolong ini menjadi destinasi wajib yang harus di kunjungi ketika berkunjung ke Pekalongan.

Karena di sini kamu bisa menikmati berbagai jenis durian. Namun tak hanya durian yang ada di sini. Sejumlah wahana adventure seperti river tubing dan rafting pun ada di sini.

Lokasi: Desa Lolong, kecamatan Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

Selamat berlibur di Pekalongan!

Sumber : pesona.indonesia.travel

LEAVE A REPLY