Nikmatnya Berbagai Macam Es Khas Indonesia

0
4872
Es Cendol (Foto : resephariini.com)

Bello.id – Hampir semua orang menyukai es. Apalagi dengan iklim negara tropis kita yang panas, menikmati minuman es rasanya menyegarkan sekali.

Asyiknya, Indonesia punya berbagai macam es yang khas dan bisa bikin lidah kamu bergoyang karena rasanya yang enak.

  1. Es Cendol
Es Cendol (Foto : resephariini.com)
Es Cendol (Foto : resephariini.com)

Es cendol atau dikenal juga dengan es dawet merupakan minuman es dari  tanah Jawa yang terbuat dari tepung beras. Dalam proses pembuatannya, tepung beras ini diolah dan diberi pewarna berwarna hijau dari daun pandan serta dicetak sehingga berbentuk buliran bulat lonjong.

Buliran lonjong ini kemudian disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.

Cendol juga bisa dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji sehingga diperoleh bentuk buliran cendol yang khas.

Rasa minuman ini manis, gurih, dan segar. Olahan tepung berasnya membuat meminum es cendol bukan hanya menghilangkan dahaga semata, namun juga mengurangi rasa lapar.

  1. Es Teler
es teler
Es Teler (Foto : resepmasakanindonesia.me)

Es Teler adalah minuman es berisi potongan-potongan buah alpukat, kelapa muda, dan nangka yang dipadukan dengan campuran air santan kelapa, susu kental manis, dan sirup.

Campuran yang menggunggah selera ini semakin mengundang dengan ditambahkannya serutan es diatasnya.

Sekarang ini isi dari es teler sangat bervariasi, mulai dari apel, pepaya, sawo, sampai roti, dan agar-agar pun dijadikan isi/topping dari es teler, sehingga kadang es teler susah dibedakan dengan es campur yang juga mencampur berbagai bahan sebagai campuran utama esnya.

Namun, umumnya es teler memang identik dengan tiga topping utamanya, yaitu alpukat, kelapa muda, dan nangka serta serpihan es serut di atasnya.

  1. Es Selendang Mayang
Es Selendang Mayang (Foto : resep4.blogspot.com)
Es Selendang Mayang (Foto : resep4.blogspot.com)

Kalau kamu mengunjungi Jakarta Fair ataupun wilayah perkampungan Betawi, kamu pasti pernah menemui sejenis es yang warna-warninya menarik mata ini.

Es ini diberi nama Selendang Mayang karena penampilannya yang berwarna-warni yang mengingatkan akan warna-warni selendang khas Betawi.

Bahan utama es ini adalah sagu aren. Sagu aren ini diolah dan dibuat seperti agar-agar, biasanya berwarna merah atau hijau yang berpadu dengan warna putih sehingga menarik dilihat.

Nah, adonan sagu aren ini nantinya disajikan bersama dengan siraman gula Jawa, kuah santan, dan potongan es batu. Rasanya? Legit,manis, dan segar!

  1. Es Kopyor
Es Kopyor (Foto : resepmasakan.me)
Es Kopyor (Foto : resepmasakan.me)

Ada yang unik dari es khas Indonesia ini, yaitu penggunaan kelapa kopyor sebagai bahan utamanya. Kelapa Kopyor itu apa sih?

Kalau pada buah kelapa biasa, daging buahnya melekat pada tempurung serta terpisah dari air kelapa.  Nah, pada kelapa kopyor, daging buahnya malah tercampur pada air kelapa dan mempunyai tekstur yang sangat empuk. Unik kan?

Potongan-potongan daging kelapa Kopyor ini lalu dicampurkan dengan adonan santan, sirup kelapa, serta susu kental manis.

Terakhir adonan ini ditambahkan dengan es serut atau es batu. Juga bisa ditambahkan agar-agar sebagai penambah rasa. Aroma dan rasanya? Kelapa banget! Empuk dan gurih.

  1. Es Podeng
Es Podeng (Foto : makannikmat.com)
Es Podeng (Foto : makannikmat.com)

Kata “Podeng” sendiri berasal bahasa Madura yang artinya puter. Jadi es podeng adalah es puter, yang memang proses pembuatan es dilakukan dengan cara tradisional yakni dengan memutar-mutar bahan-bahan yang dibutuhkan di dalam wadah sehingga hasilnya seperti es krim.

Yang istimewa dari es krim podeng adalah isinya yang banyak dan kesan ceria yang didapatkan dari penampilannya.

Satu porsi es podeng bisa berisi berbagai macam bahan, seperti potongan roti tawar, ketan hitam, alpukat, jeli, dan potongan tape. Penampilannya biasanya dipermanis u dengan taburan meses coklat, kacang tanah, dan juga siraman susu kental manis. Yummy banget!