Mau Mudik? Persiapkan Hal-hal Ini Sebelum Kamu Berangkat

0
1771
Bus Medan-Aceh (Foto : akun facebook Sempati Star)

Bello.id – Libur lebaran identik dengan kegiatan mudik. Ada yang kembali dengan kendaraan pribadi, ada pula yang memakai kendaraan umum untuk dapat kembali ke kampung halaman tercinta.

Apapun moda transportasi yang kamu pilih, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mudik.

1. Persiapkan kesehatan fisik

Mau kamu naik angkutan umum, apalagi mengendarai kendaraan pribadi, fisik yang prima adalah kewajiban yang harus kamu persiapkan.

Berdesak-desakan di kereta atau angkutan umum atau harus menjadi supir pribadi bagi keluarga jadi lebih gampang kalau kamu juga sudah siap secara fisik kan?

Perjalanan yang panjang dan jauh serta ada di luar zona nyaman kita sehari-hari memang memerlukan tenaga yang lebih.

Kamu gak mau kan tiba-tiba di tengah perjalanan kamu mabuk dan bikin panik orang-orang yang satu kendaraan sama kamu?

2. Persiapkan kebutuhan pribadi

Setiap orang punya kebutuhan pribadi yang pastinya berbeda-beda. Kalau kakak kamu butuh bantalan leher buat tidur selama perjalanan, sedangkan kamu butuh jaket karena punya kecenderungan masuk angin dalam perjalanan, semua itu harus dipersiapkan.

Bukan cuma itu, dalam perjalanan, kebutuhan obat-obatan pribadi tiap orang pun berbeda. Ada yang punya kecenderungan mabok perjalanan, ada yang punya kecenderungan masuk angin, ada yang hanya sekedar pusing.

Semua barang-barang kebutuhan pribadi ini harus tetap dibawa dengan simpel agar perjalanan tidak terasa berat hanya karena banyaknya kebutuhan pribadi yang harus dibawa.

3. Bawa perbekalan makanan yang cukup

Iya sih, kita bisa berhenti di rest area, atau biasanya juga kendaraan umum yang kita naiki memang menjadwalkan untuk kegiatan istirahat seperti makan dan salat.

Namun, alangkah baiknya kalau kita sudah mempersiapkan perbekalan makanan pribadi.

Selain menghemat uang, kita juga dapat menghemat waktu dan tidak merepotkan penumpang lain yang harus menunggu kegiatan makan kita. Lebih praktis dan efisien.

Jangan lupa makanan yang dibawa harus bergizi dan tidak mudah basi. Bawa secukupnya saja agar lebih praktis.

Kamu bisa memakan makanan ini ketika macet atau ketika lapar menyerang sedangkan tidak ada penjual makanan disekitar kamu.

4. Cari informasi

Agar perjalanan lebih mudah dan lancar, mencari informasi arus mudik beserta jalur-jalurnya wajib hukumnya sebelum kamu berangkat.

Kamu bisa mencari informasi seperti dimana posisi pom bensin, bengkel, posko Lebaran, ataupun bagaimana kondisi jalan yang akan dilalui.

Semua ini untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan selama perjalanan sekaligus menghindari jalur-jalur yang macet dan berbahaya.

Dengan mengetahui pos-pos yang penting seperti ini, kamu bisa mengukur dan mempersiapkan kemampuan kendaraan kamu serta kemampuan fisik kamu dalam perjalanan nanti.

Kamu juga bisa efisien dalam hal waktu selama perjalanan karena tidak harus mencari-cari lagi bila ada kebutuhan mendadak atau memilih tempat istirahat yang pas.

5. Persiapkan hiburan selama perjalanan

Tentunya selama perjalanan yang jauh, kejenuhan tidak bisa kamu hindari. Apalagi kalau kamu terkena macet.

Oleh karena itu, isilah baterai  dan pulsa ponsel pintar kamu penuh, karena kamu bisa mengusir kebosanan selama perjalanan dengan berinteraksi dengan orang lain melalui ponsel kamu.

Kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu favorit kamu yang sudah kamu persiapkan di ponsel.

Selain membawa pemutar lagu atau ponsel pintar, kamu juga bisa mempertimbangkan membawa buku dalam perjalanan, sehingga bila ngantuk menyerang dan macet mulai datang, kamu bisa membaca buku favorit kamu selama perjalanan untuk mengusir kantuk dan bosan.