Dua Kabupaten di Sulawesi Selatan Punya Bandara Baru

0
4356
Bandara Andi Jemma di Masamba (Foto : dephub.go.id)

Bello.id – Dua bandara di Sulawesi Selatan resmi beroperasi. Dua bandara tersebut adalah Bandara Andi Jemma yang terletak di Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara dan Bandara Bua, Ibukota Belopa, Kabupaten Luwu.

Kedua bandara itu telah resmi beroperasi sejak Sabtu (4/6/2016) lalu.

“Dengan beroperasinya kedua bandara tersebut, semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat di Pulau Sulawesi, khususnya di Sulawesi Selatan,” kata Dirjen Hubud Suprasetyo.

Biasanya, jika menempuh perjalanan darat Luwu dan Luwu Utara menuju Kota Makassar jika bisa menghabiskan waktu sekitar 8 sampai dengan 15 jam.

“Dengan adanya penerbangan langsung dari Luwu ke kota Makassar maupun sebaliknya akan mempersingkat waktu tempuh menjadi hanya sekitar 1 jam,” tambah Suprasetyo.

Bandara Andi Jemma memiliki lokasi yang strategis di pusat Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan atau sekitar 480 km dari Kota Makassar.

Bandara BUA (Foto : dephub.go.id)
Bandara BUA (Foto : dephub.go.id)

Sementara Bandara Bua atau yang dahulu bernama Bandara Ligaligo terletak di Ibukota Belopa, Kabupaten Luwu. Lokasi bandara berjarak sekitar 10 km dari Kota Palopo, atau sekitar 367 km dari Kota Makassar.

Selain kedua bandara tersebut, Sulawesi Selatan telah memiliki bandara lainnya yaitu Bandar Udara Arung Palakka di Kabupaten Bone, Bandar Udara Pongtiku di Kabupaten Tana Toraja, Bandar Udara Sangia Nibandera di Kabupaten Kolaka, dan Bandar Udara Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros.

Pembangunan dan pengembangan terminal baru Bandar Udara Andi Jemma dan Bandar Udara BUA diharapkan dapat semakin meningkatkan perekonomian di Sulawesi Selatan.