Keindahan Morotai, Mutiara di Bibir Pasifik

0
1598
Pulau Morotai (Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Pulau Morotai yang terletak di utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara akan dikembangkan sebagai tujuan wisata maritim. Hal tersebut diwujudkan lewat kerja sama antara Kementerian Pariwisata, Citilink Indonesia, dengan Dalian Wanda Grup dari Tiongkok.

Morotai merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia dan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Keindahan Morotai dengan sejarah dari Perang Dunia II membuatnya dijuluki sebagai, “Mutiara di Bibir Pasifik”.

Menurut Pariwisata Arief Yahya, Citilink sebagai mitra pemerintah untuk mengembangkan Morotai karena maskapai tersebut memiliki jalur charter flight untuk wilayah China Selatan dan memiliki pesawat dengan ukuran sedang. Diharapkan dari kerja sama ini tidak hanya pengembangan destinasi wisata, akan tetapi juga investasi pembangunan di Morotai.

“Citilink aksesnya, lalu Wanda Grup dia bertangggung jawab perkembangan amenitas (pembangunan) dan Kemenpar akan bertanggung jawab untuk membangun maritime tourism,” ujar Arief Yahya.

Arief Yahya menambahkan pengembangan wisata maritim di Morotai dipilih karena daerah tersebut memiliki potensi pariwisata. Namun, pembangunan dan akses ke daerah sana masih sangat minim.

Apalagi di Morotai juga terkenal akan wisata laut dan aneka peninggalan sejarah seperti pangkalan perang Jepang. Oleh karena itu, dengan ditandatangani MoU dengan Wanda Grup, menurutnya wisata maritim dan pembangunan di wilayah Maluku Utara itu akan berkembang dengan pesat.

Sumber : indonesia.travel