Berburu Kuliner Minang di Masjid Sunda Kelapa

0
2920
(Foto : Bello.id/Inal)

Bello.id – Suka olahraga pagi di bilangan Jakarta Pusat? Kalau iya, kamu bisa mencoba berburu sarapan di Masjid Sunda Kelapa setiap hari Minggu.

Berbeda dengan hari lainnya, di hari Minggu kamu bisa menemukan kuliner nikmat khas ranah Minang di plataran masjid ini.

(Foto : Bello.id/Inal)
(Foto : Bello.id/Inal)

Namun, bukan sembarang kuliner Minang. Kamu bisa menemukan variasi yang berbeda, yaitu Sate Padang Sate Ma’din Titi Indah khas Sulit Air, salah satu daerah di ranah Minang.

Setiap Minggu pagi, kuliner ini selalu ramai dipadati pembeli. Tak heran, karena sate ini memang begitu nikmat. Dagingnya yang lembut dan gurih, ditambah kuah bumbu kuning serta ketupat membuat sate ini jadi santapan pagi yang mengenyangkan. Tambahkan kerupuk kulit serta keripik balado sebagai tambahannya.

Gak berhenti sampai di situ, karena kamu harus mencoba kuliner lainnya yaitu Soto Padang Phisano. Jangan ditanya rasanya, kuah kaldu sapinya nendang banget! Kamu bisa meminta kuahnya disajikan dengan dicampur atau dipisah.

Selain itu, di pasar Minggu pagi ini juga ada sajian khas padang yang jarang ditemukan di restoran Minang kebanyakan seperti misalnya Gulai Pakis dan Katupek Pical. Gulai Pakis adalah makanan khas Pariaman yang berisi potongan ketupat, santan, laos, cabe rawit, asam kandis, kunyit dan daun pakis tentunya.

Ada juga Katupek Pical. Katupek Pical berasal dari kata ketupat dan pecel. Sesuai namanya makanan ini terdiri dari ketupat yang disiram dengan kuah pecel dengan bumbu santan dan sayur-sayuran.

Selain disiram saus kacang, pada sajian Katupek Picak ini juga disiram dengan kuah ketupat sayur khas minang. Katupek ini juga dilengkapi dengan mie lebar yang khas. Bisa dibilang ini adalah gado-gadonya Minang!

Belum lengkap menikmati semua sajian Minang tadi sebelum mencoba berbagai jajanan pasarnya. Di pasar minggu pagi ini selain makanan berat juga terdapat berbagai macam kue kecil khas minang seperti Galamai, Wajik, Lapek Bugih, Lemang Tapai, Pinyaram hingga Kue Bika yang biasanya bisa kamu temukan di Sumatera Barat.

Kalau kamu ingin mencoba sajian-sajian ini, langsung datang aja yuk ke Masjid Sunda Kelapa di hari Minggu pagi. Oh iya, jangan datang terlambat, karena biasanya makanan makanan ini sudah habis kalau kamu datang kesiangan.