Bus Medan-Aceh, Bus Mewah ala Hotel Bintang

0
9302
Bus Medan-Aceh (Foto : akun facebook Sempati Star)

Bello.id – Kamu mau ke Aceh melalui Medan atau sebaliknya? Nah, daripada mahal-mahal naik pesawat, dengan kisaran tarif sekitar Rp250 ribuan kamu sudah bisa mencoba layanan bus tipe jetbus dengan kemewahan dan pelayanan yang pasti bikin kamu tercengang.

Sebenarnya perjalanan Medan-Aceh dapat ditempuh dengan beragam jenis tipe bus, mulai dari ekonomi, non-stop AC, dan jetbus. Namun, ada yang spesial dari tipe bus jetbus yang menjadikan tipe bus ini menjadi bahan pembicaraan banyak para traveler di Indonesia.

Banyak penyedia jasa layanan tipe bus ini yang melayani rute Medan-Aceh, di antaranya adalah Putra Pelangi, Sempati Star, dan Kurnia. Bus-bus jetbus milik mereka biasanya dilengkapi dengan mesin Scania K 360 berkekuatan 12.000 CC yang diimpor langsung dari Eropa.

Selain kapasitas mesin yang dapat diandalkan, bus-bus jenis jetbus ini juga menawarkan kenyamanan yang mewah. Kenyamanan ini langsung terasa begitu menginjakkan kaki di bus-bus ini.

Selain kabin serta toilet yang interiornya mewah dan bersih, kursi-kursinya juga memberikan rasa nyaman yang berbeda. Di setiap kursinya terdapat TV layar datar serta jok kursi yang lembut dan tebal disertai sandaran kepala yang nyaman.

Ini ditambah dengan serta sandaran kaki yang dapat dinaikkan sejajar dengan tempat duduk. Semua ini bakalan membuat kamu merasa sedang duduk di hotel bintang 5, bukan di bus.

Kursi di bus ini hanya berjumlah 21 bangku dengan pengaturan 7 baris. Pengaturan kursi seperti ini memberikan ruang yang lebih luas antara bangku satu dengan bangku lainnya. Jadi kamu gak bakal ngerasain sempit. Mau tidur selonjoran juga enak.

Kenyamanan ini juga bertambah dengan sistem pendingin di bus yang berbeda dengan bus pada umumnya. Kamu gak akan merasa pusing karena angin berlebih di kepala yang biasanya terjadi di perjalanan dengan bus-bus biasa.

Sistem pendingin dalam kabin lebih merata karena semburan AC tidak semata-mata dari lubang AC di atas kepala penumpang, melainkan dari arah depan dan belakang dan dari bawah lantai sehingga meski penumpang mematikan atau menutup lubang AC di atas kepalanya, hal ini tidak akan terlalu mempengaruhi kesejukan di dalam bus.

Bukan cuma itu, kecanggihan mesin dari bus-bus ini juga layak dipuji. Posisi bus terasa stabil dan nyaman, bahkan ketika bus ini dalam kecepatan tinggi. Bila dalam kecepatan tinggi, sistem kendali di bus ini akan secara otomatis menurunkan ketinggian bodinya ke bawah sehingga mengurangi goncangan.

Sistem pengereman tipe bus ini juga dapat diandalkan. Bila terjadi pengereman mendadak, pengereman tetap bisa dilakukan tanpa berderit dan menyentak sehingga penumpang akan tetap merasa nyaman.

Pelayananan dari bus-bus ini biasanya juga sangat membuat penumpang dimanjakan. Kalau kamu naik tipe-tipe bus ini, kamu pasti akan diberikan sekotak makanan ringan serta sebotol air kemasan di waktu-waktu tertentu.

toilet-di-dalam-bus

Selimut tebal yang wangi dan bantal yang bersih juga akan disediakan awak bus bagi para penumpang yang ingin beristirahat tidur di dalam bus. Ingin mengerjakan tugas-tugas atau urusan kantor selama perjalanan dengan laptop? Jangan khawatir, wifi di bus ini disediakan gratis selama 24 jam bagi para penumpang yang ingin menggunakannya.

Semua keunggulan tersebut ditambah dengan waktu tempuh yang lebih cepat dibanding kebanyakan bus lainnya. Bila total waktu perjalanan Medan-Banda Aceh biasanya berkisar 11-12 jam, dengan bus tipe jetbus ini jarak ini dapat ditempuh dengan waktu 7-7,5 jam saja. Jadi, tertarik untuk mencoba istimewanya bus ini?

LEAVE A REPLY