10 Blog Travel Inspiratif yang Wajib Kamu Kunjungi

0
2677
Blog Marischka Prudence (http://marischkaprudence.blogspot.co.id/)

Bello.id – Tulisan dan gambar mempunyai kekuatan yang besar. Bermunculannya travel blogger di Indonesia menjadi tren yang menarik. Gak cuma bercerita, namun blog-blog travel ini juga bermanfaat dan menginspirasi pembacanya.

  1. https://husnimzainal.com (A Border that Breaks!)

Laman yang mempunyai slogan “If I die alone, may the story of my life finds the soulmate in other people’s heart” ini dibuat oleh Husni Mubarak Zainal, seorang dokter Indonesia lulusan Universitas Makassar yang menjadi anggota organisasi kemanusiaan Doctors without Borders.

Dalam blognya, tak hanya berisikan foto-foto perjalanannya selama menjalani misi kemanusiaan di Sudan dan Malawi, ia juga menuliskan kisah-kisahnya selama ia di sana dalam sudut pandang yang menyentuh. Melankolis namun kontemplatif dan penuh emosi.

  1. http://efenerr.com/

“Mari Berjalan, Kawan” adalah sapaan yang ada di sudut atas laman ini. Dibuat oleh Farchan Noor Rachman, yang kini telah diakui sebagai salah satu travel blogger berpengaruh di Indonesia dan telah menerbitkan beberapa buku, diantaranya adalah buku Backpacking Jepang – Travel Guide ke Jepang.

Blognya dikelola secara profesional dengan konten yang sangat humanis dan kritis dalam melihat suatu fenomena. Bukan hanya tentang perjalanan, Om Farchan juga mereview dan menulis beberapa hal di luar traveling di blognya ini yang kontennya membuat kita berkontemplasi tentang kehidupan.

  1. http://www.duaransel.com

Blog ini dibuat oleh sepasang suami istri Dina dan Ryan untuk mendokumentasikan perjalanan mereka. Kisah mereka sendiri inspiratif banget. Mereka berdua memutuskan untuk menjual segala aset dan uang mereka untuk melakukan perjalanan keliling dunia berdua, dan menghasilkan uang dari kegiatan perjalanan mereka.

Blog mereka juga sangat informatif. Gak hanya menyajikan cerita tentang liburan seru di blog mereka, tapi informasi menarik seputar dunia traveling, seperti rekomendasi hotel sampai biaya yang perlu dikeluarkan untuk liburan di satu daerah ditulis dengan lengkap dan rinci.

  1. http://marischkaprudence.blogspot.co.id/ (Life is An Absurd Journey)

Ini adalah blog pribadi milik Marischka Prudence yang dulunya lebih dikenal sebagai seorang reporter berita politik hingga bencana alam di salah satu TV swasta. Saat ini dia adalah seorang travel blogger dan penulis, yang menceritakan kisah perjalanan, kecintaan serta ambisinya terhadap dunia wisata di Indonesia di blognya.

Semangat nasionalisme sangat kental lewat tulisan-tulisannya di blog. Ia mencoba untuk mengenalkan pembacanya dengan destinasi wisata lokal dan rasa cinta tanah air. Mulai diving di Aceh sampai menikmati indahnya alam Raja Ampat, kamu akan sangat cinta Indonesia kalau mengenal Indonesia dari kacamata Marischka.

  1. http://agustinuswibowo.com/

Kalau kamu sering membaca kolom kompas tentang travel, kamu pasti sering mendengar nama Agustinus Wibowo, traveler muda yang mengkhususkan dirinya menulis tentang tempat-tempat yang bukan daerah turis.

Di blognya ini, kamu bisa membaca tulisan Agustinus yang mengulas secara dalam tentang budaya serta gaya hidup penduduk negara yang pernah disinggahinya. Ia juga banyak menulis kontemplasi perjalanan dan masalah-masalah global dunia di bagian lain dari blognya, yaitu di bagian “Titik Nol” dan “Essay”.

  1. http://www.ranselkosong.com/

Kamu ingin mendapat inspirasi foto-foto travel yang bagus? Kamu harus banget mengunjungi blog milik Yunaidi Joepoet ini yang penuh dengan foto-foto ciamik berstandar internasional.

Tidak heran, karena Yunaidi Joepoet adalah seorang fotografer profesional di majalah National Geographic Indonesia, National Geographic Traveler Indonesia, dan juga photo editor di portal fotografi resmi National Geographic Indonesia, Fotokita.net.

  1. https://tindaktandukarsitek.com/

Kalau kamu ingin melihat dunia dari kacamata seorang arsitek, kamu harus baca blog milik Indri Juwono ini. Indri adalah seorang arsitek lulusan Universitas Indonesia yang suka traveling dan menyusuri kota untuk melihat arsitekturnya.

Karena yang membuat adalah seorang arsitek, maka isi blog ini kebanyakan adalah cerita perjalanan Indri dalam mengamati struktur arsitek kota-kota di Indonesia lengkap dengan foto-foto bangunan, tugu, monumen, hotel, hingga ke foto struktur keraton. Sangat inspiratif buat kamu yang suka dengan dunia arsitek.

  1. https://harindabama.com/

Blog berbahasa inggris ini sudah banyak dikunjungi oleh para travel blogger internasional, karena muatan ulasannya yang tidak hanya berisikan tentang catatan perjalanan, namun juga sejarah dari suatu objek wisata secara mendetail. Kamu bisa banget belajar banyak tentang sejarah tempat-tempat terkenal di dunia dari blog ini.

Pembuatnya adalah Bama, seorang lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga seorang penggiat komunitas bernama Travel Blogger Indonesia (TBI).

  1. http://www.thelostraveler.com

Blog ini dibuat oleh Yofangga, seorang traveler yang memilih tempat-tempat yang unik untuk didatangi sekaligus melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih humanis.

Tema dari The Lost Traveler tidak selalu berfokus ke destinasi wisata, namun juga ke isu-isu human interest, seperti budaya dan manusia di destinasi-destinasi wisata tersebut. Simak kisah-kisah seperti “Kisah Renpah Sebelum Tidur”, atau “Melelang Nurani di Lamongan”. Setiap artikelnya ditulis dengan gaya bahasa yang inspiratif dan menarik.

  1. http://www.thehungrydoctor.net/

Kalau kamu yang sedang mencari inspirasi wisata kuliner, kamu harus banget ke blog ini. Blog ini khusus membahas kuliner dari berbagai daerah dan ditulis dengan bahasa yang sangat menggoda dengan foto-foto makanan yang juga bikin ngiler.

Laman ini didirikan oleh Filipus Verdi, seorang mahasiswa kedokteran  Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) yang sangat menyukai kegiatan jalan-jalan dan makan. Ia rajin menuliskan hasil wisata kulinernya ke berbagai daerah, terutama di Jakarta, Bandung, Batam, Bali, Semarang, Yogyakarta dan Solo.