Toraja Jadi Topik Bahasan di Makassar International Writers Festival 2016

0
674
(Foto : indonesia.travel)

Bello.id – Toraja akan menjadi salah satu topik bahasan pada Makassar International Writers Festival (MIWF) 2016. Festival tahunan para penulis ini akan digelar mulai tanggal 18–21 Mei 2016 di tujuh lokasi berbeda.

MWIF 2016 antara lain digelar di Fort Rotterdam dan Universitas Hasanuddin Makassar. Selama empat hari, peserta dapat mengikuti 33 program yang menghadirkan 61 penulis terkemuka dari Indonesia maupun luar negeri sebagai pembicara.

Terdapat tiga program yang akan membicarakan tentang Destinasi Toraja, yaitu Twitter Corner, Writing & Photography Workshop serta Big Ideas. Ketiga program tersebut akan menghadirkan Agustinus Wibowo, penulis trilogi perjalanan Selimut Debu, Garis Batas dan Titik Nol yang baru kembali dari kunjungannya ke Toraja.

“Sungguh orang Toraja luar biasa dalam memaknai kehidupan dan kematian mereka,” ujar Agustinus pada suatu kesempatan. Kesannya selama bersentuhan langsung dengan masyarakat dan budaya Toraja inilah yang akan dibagikan kepada peserta MIWF 2016.

Program Twitter Corner yang bekerja sama dengan Twitter Indonesia dijadwalkan pada tanggal 18 Mei pukul 15.00 di sekitar area Taman Rasa, Fort Rotterdam. Acara kemudian dilanjutkan dengan Writing & Photography Workshop pada tanggal 18 Mei pukul 16.00 – 17.30 di Kapel Fort Rotterdam, yang akan dimoderatori oleh M. Aan Mansyur, penulis kumpulan puisi Tidak Ada New York Hari Ini.

Sementara, program Big Ideas akan menampilkan pemutaran film dan diskusi bersama Dinny Jusuf (Toraja Melo) dan Suzy Hutomo (The Body Shop Indonesia) pada tanggal 20 Mei pukul 16.00 – 17.30 di The Body Shop Corner, Main Festival Venue Fort Rotterdam.

Selain menjadi topik bahasan, destinasi Toraja di bawah Toraja DMO sebagai organisasi tata kelola destinasi akan melakukan pameran di sekitar area Taman Rasa, Fort Rotterdam. Pada kesempatan tersebut, destinasi Toraja akan menampilkan produk lokal dan informasi mengenai atraksi wisata terbaru yang dapat dinikmati di kedua kabupaten cakupannya, yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara.

Selama MIWF 2016, Destinasi Toraja akan mengadakan kuis di sosial media resmi @VisitToraja. Peserta kuis berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik, antara lain voucher menginap selama 2 malam di Toraja dan tiket pulang pergi bis eksekutif dari Makassar ke Toraja.

Sumber : indonesia.travel