Film AADC 2 Bikin Sate Klathak Pak Bari Makin Terkenal

0
4606
(Foto : ceritaeka.com)

Bello.id – Sejak dikunjungi Cinta dan Rangga, nama Sate Klathak Pak Bari makin tersohor. Kuliner yang telah banyak direkomendasikan para wisatawan sejak bertahun-tahun lalu ini semakin ramai pembeli pascamenjadi lokasi syuting Film Ada Apa Dengan Cinta 2. Apa sebenarnya yang istimewa dari kuliner sate ini?

Sate Klathak Pak Bari terletak di Pasar Desa Wonokromo, Imogiri Timur yang dapat ditempuh dengan menyusuri lingkar selatan Jogja. Meski di sepanjang Imogiri Timur banyak yang menjual sate ini, namun warung milik Pak Bari ini selalu ramai diincar penikmat sate.

Yang unik dari Sate Klathak adalah tusuk satenya yang menggunakan besi ruji sepeda. Karena menghantarkan panas dengan baik, tak heran kalau kematangan daging satenya terasa hingga ke daging terdalamnya.

Sebelum dibakar di atas arang, potongan daging kambing terlebih dahulu diberi bumbu garam. Iya bumbunya memang hanya garam. Namun dalam penyajiannya, sang pemilik menyuguhkan kuah gule sebagai pendamping untuk menikmati Sate Klathak ini. Rasanya juara!

Diberi nama klathak, karena sate ini ini berbunyi kletak kletak saat dibakar dengan arang. Namun, ada juga yang mengatakan diberi nama klathak dari bunyi buah melinjo yang jatuh dari tempat jualan sang empunya terdahulu. Apapun itu, namanya unik kan?

Dalam setiap porsinya, Pak Bari menyajikan dua tusuk sate saja lho. Namun tenang saja, jika kamu belum puas kamu bisa mencoba menu lainnya juga di sini, yaitu sate goreng, tongseng, dan kicik.

Setiap harinya, Sate Klathak Pak Bari buka pukul 18.30 hingga 01.00 pagi. Kuliner ini cocok melengkapi liburanmu di Jogja!

Baca Juga

Bakmi Jawa, Kuliner Istimewa dari Jogja

5 Alasan Kenapa Kamu Selalu Kangen Liburan ke Jogja