Tips Menyimpan Uang yang Aman Saat Traveling

0
1636
(Shutterstock)

Bello.id – Traveling yang aman dan nyaman adalah dambaan semua orang. Untuk memperlancar agenda travelingmu, kamu perlu membawa uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan.

Namun, sesuatu yang tidak diduga bisa terjadi kapan saja. Kecurian, dompet terjatuh, dan hal yang tidak diinginkan lainnya bisa menimpamu. Kamu bisa mengantisipasi ini dengan beberapa cara.

  1. Bawa uang tunai secukupnya

Tak semua daerah punya fasilitas ATM. Namun, bukan berati kamu harus membawa uang berlebihan jika traveling ke daerah yang tak terjangkau ATM ini. Tetap bawalah uang secukupnya saja.

Misalnya, kamu bisa bawa uang yang jumlahnya cukup dari tempat tinggalmu hingga sampai ke kota besar tempat kamu transit. Kamu bisa ambil kembali uang tunai di ATM saat berada di kota besar, sebelum melanjutkan perjalanan ke pulau-pulau terpencil, misalnya. Begitu pun saat kamu kembali.

Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, cari tahu dulu dimana saja kira-kira kamu bisa menemukan ATM. Namun, jika informasi tentang ini sulit dicari tahu kamu bisa melakukan tips di bawah ini.

  1. Simpan di beberapa kantong

Pastikan kamu menyimpan uangmu di beberapa tempat, sehingga jika kamu kehilangan salah satunya kamu masih punya cadangan uang lain. Agar aman, simpan di beberapa tempat selain di dompet, seperti kantong celana, kantong tertutup di jaket, kantong di dalam tas, dan tempat-tempat lainnya.

Beberapa traveler bahkan memilih untuk menyimpan di tempat-tempat tidak biasa, seperti di balik topi dan di dalam kaos kaki. Jangan lupa untuk mengingat dimana saja kamu menyimpan uang tersebut, ya. Ini berguna agar dalam keadaan terdesak kamu bisa mengeluarkan uang tersebut tanpa perlu mencari-cari lagi.

  1. Bagi dengan teman perjalanan

Jika kamu pergi dengan beberapa teman lain, kamu bisa membagi-bagi kebutuhan perjalanan yang telah dikumpulkan bersama dengan teman-teman lainnya. Misalnya, jika kamu memegang semua kebutuhan transportasi, kamu bisa membagi uang untuk hotel dan makan ke teman-temanmu yang lain.

Ini untuk mencegah kamu dan teman-temanmu kehilangan semua uang karena dikumpulkan ke satu “bendahara” saja. Seperti tips nomor 1, kamu juga bisa membaginya dengan sebagian disimpan dalam ATM, dan sebagian dibawa tunai oleh teman lainnya.

Semoga bermanfaat, ya!