Unik, Ada Tengkorak Bertabur Sesajen Rokok di Londa

0
1677
(Foto : Bello.id/Nisa)

Bello.id – Toraja Utara menyimpan wisata budaya yang unik. Selain di Desa Kete Kesu, kamu juga bisa menjumpai budaya unik lainnya di Londa.

Jika hanya melihat fotonya, kamu mungkin akan bergidik ngeri membayangkan ada di sini. Tapi percayalah, tempat ini tidak seseram yang kamu kira.

Objek wisata Londa terletak tak jauh dari pusat Kota Rantepao. Dapat ditempuh 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Untuk menuju ke Londa, jika ingin berhemat kamu bisa menyewa motor seharga Rp70 hingga Rp80 ribu per 24 jam. Kamu dapat menyusuri jalan menuju Makale. Nanti di sebelah kiri jalan, kamu akan menemukan plang bertuliskan “Londa”.

Dari jalan kecil yang menanjak dan meliuk-liuk ini, kamu segera dapat merasakan suasana desa yang sejuk dengan hamparan sawah hijau di sekitarnya.

Tiket masuk ke Londa Rp10 ribu per orang. Saat berada di pintu masuk akan ada warga setempat yang menawarkan diri memandumu dengan membawa lampu templok.

Begitu masuk kawasan wisatanya, kamu akan melihat tebing yang berdiri tegap serta hijaunya pepohonan di sana. Kesan sejuk akan langsung terasa begitu kamu tiba.

Yang unik adalah kamu bisa melihat peti atau erong yang digantung di atas tebing. Konon semakin tinggi diletakkan di atas tebing, status sosialnya juga semakin tinggi.

Di dinding tebing kamu juga bisa melihat beberapa patung yang dibuat menyerupai beberapa orang Toraja yang sudah meninggal. Patung tersebut menurut istilah masyarakat Toraja disebut tau-tau.

Selain erong dan tau-tau yang menempel di tebing, yang menarik dari Londa adalah goa yang di dalamnya menyimpan tengkorak dan tulang belulang. Karena tak ada pencahayaan, kamu memerlukan senter untuk menyusuri goa ini.

Atau, kamu bisa menggunakan jasa pemandu lokal yang siap mengantarmu menyusuri goa dengan lampu temploknya. Saat menyusuri goa, kamu harus berhati-hati karena beberapa bagian dari goa ini sangat kecil yang bisa ditempuh dengan sedikit merayap.

londa 1
(Foto : Bello.id/Nisa)

Dalam goa ini, kamu akan menemukan banyak peti bertebaran. Tak hanya itu, di sana banyak juga tengkorak-tengkorak yang diletakkan di sela-sela goa.

Menariknya, di antara peti mayat dan tengkorak di sana-sini, kamu bisa melihat mumi. Mumi sebenarnya adalah mayat yang diawetkan.

Menurut sang pemandu, jika masih ada lapisan cokelat yang melapisi tengkoraknya artinya mayat tersebut belum terlalu lama meninggal. Yang unik, di atas mumi itu kamu akan melihat banyak rokok bertebaran.

londa 3
(Foto : Bello.id/Nisa)

Konon, saat masih hidup mumi tersebut sangat gemar merokok. Masyarakat setempat percaya bahwa rokok yang diletakkan di mumi itu akan digunakan kembali oleh yang bersangkutan di kehidupan lain setelah mengalami reinkarnasi nanti.

Oleh karena itu, selain rokok kamu juga akan menemukan uang koin serta beberapa botol air mineral di sekitarnya. Pemandu lokal di sana akan menawarkanmu untuk menaruh uang di atas mumi. Namun, tak ada pemaksaan, kamu bebas mau menaruh uang di sana atau tidak.

Sebenarnya goa di Londa merupakan goa yang terhubung satu sama lain. Namun, untuk melewati penghubungnya kamu harus benar-benar merayap. Jadi, beberapa wisatawan memilih untuk keluar dari satu goa untuk masuk ke goa lainnya.

Kalau berani, kamu boleh lho berfoto bersama para tengkorak di dalam goa. Kamu berani?

Baca Juga

Menengok Budaya Unik di Desa Kete Kesu

Pisang Epe dan Senja di Pantai Losari

LEAVE A REPLY