4 Pulau Ini Jadi Surga Wisata Laut di Banten

0
1864
Senja di Pulau Umang (Foto : Muhammad Jihad Sandikapura)

Bello.id – Terletak di pesisir Selat Sunda, tak heran jika Banten memiliki sejuta pesona keindahan laut yang sayang jika kamu lewatkan.

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, ada banyak pulau indah yang tersebar di Banten. 4 diantaranya sudah cukup populer dan bisa menjadi pilihanmu menghabiskan akhir pekan.

  1. Pulau Umang
Pulau Umang (Foto : Muhammad Jihad Sandikapura)
Pulau Umang (Foto : Muhammad Jihad Sandikapura)

Pulau Umang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pulau ini dapat ditempuh dalam jarak 183 kilometer, atau sekitar 5 jam dari Tangerang.

Pulau yang dikelola oleh satu resort ini memiliki ombak di pulau ini relatif tenang. Cocok bagi kamu yang hendak bepergian dengan keluarga atau pasangan. Tak jauh dari resort, terdapat beberapa spot snorkeling yang masih terjaga.

Karena merupakan pulau resort, tak heran jika berbagai fasilitas sudah tersemat rapi dalam pulau ini. Beberapa gazebo yang disediakan di sana menjadi lokasi yang pas bagi kamu yang ingin menikmati matahari terbenam di sini.

  1. Pulau Sangiang
Pulau Sangiang (Foto : bantenprov.go.id)
Pulau Sangiang (Foto : bantenprov.go.id)

Pulau yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera ini memiliki panorama bawah laut yang memukau.

Pulau Sangiang dapat ditempuh dengan menyeberang dari Pelabuhan Paku di kawasan Anyer. Pulau seluas 700,35 hektar ini pada 1992 ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam. Terdapat Taman Wisata Alam seluas 1.420 hektar, dan 720 hektar taman laut.

Pulau Sangiang dijuluki juga “Seven Wonders of Banten“. Secara administratif pulau ini masuk ke Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Bagi kamu penggemar diving, jangan lewatkan 12 titik menyelam yang dapat Anda jelajahi di sekitar pulau ini. Pada kedalaman 20 meter, misalnya, kamu bisa menemukan ikan ekor kuning yang berenang meliuk-liuk.

Beberapa homestay yang dikelola penduduk setempat telah tersedia di sini untuk kamu yang memilih untuk bermalam di sini.

  1. Pulau Peucang
Pulau Peucang (Foto : indonesia.travel)
Pulau Peucang (Foto : indonesia.travel)

Pulau Peucang terletak di sebelah timur Taman Nasional Ujung Genteng. Dari Tangerang, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 8 jam untuk sampai di pulau ini.

Pulau Peucang melintang di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang. Peucang sebenarnya adalah nama siput yang dapat Anda temukan saat menginjakkan kaki di pulau ini.

Pulau Peucang ini menjadi lokasi transit bagi wisatawan yang akan menjelajah Taman Nasional Ujung Kulon. Tak heran, pulau ini selalu ramai oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Untuk menikmati matahari terbenam, terdapat satu spot yaitu Karang Copong. Namun, untuk bisa sampai di sana Anda harus trekking menyusuri hutan dan bertemu beberapa hewan liar seperti babi hutan dan monyet.

  1. Pulau Tunda
Pulau Tunda (Foto : indonesia.travel)
Pulau Tunda (Foto : indonesia.travel)

Nama Pulau Tunda semakin terkenal dalam beberapa tahun terakhir. Perjalanan ke Pulau Tunda dapat ditempuh selama 2,5 jam dari Pelabuhan Karangantu, di kawasan Banten Lama.

Jika Anda penggemar snorkeling, diving, atau bahkan hobi memancing, pulau ini layak dijadikan pilihan.

Pulau Tunda terletak di pantai utara Teluk Banten. Pulau seluas 257,5 hektar ini secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Serang. Terdapat lebih dari 3000 penduduk yang tinggal di pulau ini. Rata-rata berprofesi sebagai nelayan, petani palawija, dan peternak kambing.

Tak heran, Anda akan menemukan banyak kambing saat berjalan-jalan di pulau ini. Sore adalah waktu yang pas untuk mengelilingi pulau. Berjalan di pinggir pantai berpasir putih, sambil menunggu matahari terbenam akan membuat liburan Anda semakin sempura.

Jadi, kapan mau liburan ke Banten?

Baca Juga

Pelesir ke Istana Kaibon di Banten Lama

LEAVE A REPLY