Tips Hemat ala “Backpacker”

0
1869
Ilustrasi hemat (Shutterstock/Carballo)

Bello.id – Berlibur dengan gaya backpacker punya tantangannya sendiri. Dengan budget terbatas, kamu ditantang mengefektifkan pengeluaran demi tercapainya liburan impianmu.

Berbagai hal perlu kamu siapkan untuk memuluskan jalanmu menjadi backpacker sejati. Yuk, simak 11 tips ini!

  1. Persiapkan tiket jauh-jauh hari

Transportasi bisa menjadi porsi terbesar pengeluaranmu. Untuk mengefektifkannya, kamu perlu merencanakan liburanmu sejak jauh-jauh hari.

Setidaknya dengan membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatanmu, kamu bisa mendapatkan harga dari seat termurah. Baik jika kamu pergi dengan pesawat, atau dengan kereta api.

2. Hindari tanggal merah atau musim liburan

Siapapun menunggu tanggal merah untuk bisa liburan. Semua tempat wisata, hingga tempat transit seperti bandara dan stasiun akan penuh oleh wisatawan.

Biasanya, harga-harga hotel, tiket, hingga makanan bisa melambung tinggi saat sedang tanggal merah. Secara umum, di Indonesia musim liburan ada di pertengahan tahun sekitar bulan Mei hingga Juni, dan bulan Desember.

Beberapa tanggal di bulan-bulan tersebut masih cukup aman untuk kamu bepergian ala backpacker. Hanya saja, kamu bisa menghindari tanggal-tanggal merah di bulan tersebut untuk mencegah membludaknya wisatawan.

3. Datang ke stasiun atau bandara tepat waktu

Nggak mau kan ketinggalan pesawat atau kereta? Meski biasanya kemungkinannya kecil, namun apapun bisa terjadi dalam perjalanan kamu menuju bandara atau stasiun.

Jangan sampai liburanmu terhambat karena ketinggalan pesawat atau kereta, ya. Beberapa backpacker yang pernah mengalami kejadian ini terpaksa mengurungkan niat liburan mereka, atau membeli kembali tiket agar bisa tetap liburan.

Otomatis akan ada budget tambahan yang harus kamu keluarkan jika kamu terpaksa harus membeli tiket lagi. Jadi, atur waktumu sebaik-baiknya ya. Agar semuanya aman, seenggaknya kamu harus tiba minimal 1 jam sebelum keberangkatanmu.

4. Gabung di komunitas backpacker

Ikutan komunitas bisa menambah pengetahuanmu tentang dunia backpacker. Akan banyak banget pengalaman dan cerita orang lain yang bisa jadi ajang pembelajaranmu.

Selain bikin wawasan bertambah, kamu juga bisa dapat banyak teman baru dari komunitas ini. Siapa tahu kan kamu bisa dapat teman yang bisa diajak backpacker-an bareng?

Atau bisa jadi juga ada teman backpacker yang bisa membantumu saat kamu sedang kesulitan dalam perjalanan. Nggak menutup kemungkinan juga ada kenalan yang bisa memberimu tumpangan saat sedang berkunjung ke daerahnya. Asik kan?

5. Cari informasi umum tentang destinasi tujuan

Mencari informasi adalah suatu keharusan sebelum melakukan perjalanan. Apalagi jika kamu memilih gaya backpacker.

Budget yang terbatas, dengan keinginan mengunjungi berbagai destinasi membuatmu harus putar otak agar bisa bertahan hidup. Nah, mengetahui informasi umum tentang destinasi yang akan kamu tuju akan menjadi bekal yang penting banget buat kamu.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu cari tahu, seperti daftar hotel murah, kuliner murah, hingga bagaimana transportasi selama di sana.

Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, kamu nggak akan terlalu kesulitan saat sudah tiba di lokasi. Dengan begitu, budget yang akan keluar pun bisa kamu atur seefektif mungkin.

6. Bawa uang tunai dalam jumlah cukup

Selain informasi umum tentang destinasi yang akan kamu tuju, ada perlunya juga kamu mencatat perkiraan budget yang akan kamu keluarkan.

Hal ini penting agar kamu bisa membawa uang tunai dalam jumlah cukup untuk kamu gunakan selama perjalanan. Atau, jika kamu enggan membawa semua uang yang dibutuhkan, kamu bisa menyiapkan dana cadangan dalam rekeningmu jika sewaktu-waktu kamu butuhkan untuk diambil.

7. Berteman dengan masyarakat lokal

Asyiknya backpacking, kamu bisa berkenalan dengan siapapun yang kamu temui sepanjang perjalanan, termasuk masyarakat sekitar dimana kamu tinggal.

Dengan mengenal lebih dekat masyarakat lokal yang kamu temui, kamu bisa belajar budaya dan kebiasaan baru.

Nah, secara umum masyarakat Indonesia ramah dan terbuka dengan datangnya orang baru ke lingkungan mereka. Jadi jangan heran jika kamu akan menemukan banyak keajaiban saat berada di antara mereka.

Tak menutup kemungkinan jika kamu bisa diterima dengan baik, kamu akan ditawari tinggal di rumah mereka dan dimasaki kuliner mereka. Seru kan kalau kamu jadi bisa punya keluarga baru?

8. Berjalan, naik transportasi umum, atau sewa motor

Beberapa daerah memungkinkan dijelajahi hanya dengan jalan kaki. Tapi beberapa di antaranya tidak. Kamu bisa menggunakan transportasi umum jika diperlukan.

Atau jika tidak ada transportasi umum yang mumpuni, kamu bisa menyewa sepeda motor. Harga sewa motor di beberapa daerah di Indonesia berkisar antara Rp60-Rp100 ribu, di luar bahan bakar.

9. Siapkan peta

Beberapa dinas pariwisata di sejumlah daerah sudah menyiapkan peta yang bisa dibawa oleh wisatawan. Dengan membawa peta, liburanmu bisa lebih efektif.

Kamu jadi tahu lokasi mana yang bisa kamu datangi lebih dahulu, dan mana yang belakangan. Membawa peta juga menghindari kamu tersasar jauh dari tempat yang seharusnya.

10. Nikmati setiap kejutan dalam perjalanan

Bagaimanapun, hal paling menarik dari setiap perjalanan adalah kejutan-kejutan. Meski kamu sudah menyiapkan semuanya dengan baik, akan ada saja hal di luar dugaan yang bisa terjadi dalam perjalananmu.

Karena itu, nikmati saja semua prosesnya. Semua kejutan akan jadi pembelajaran dan pengalaman baru yang nggak akan kamu lupakan.

Jadi, apa kamu sudah siap backpacker-an hemat keliling Indonesia?

Baca Juga

Nggak Mau Liburan Membuatmu Boros? 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba

Apapun Gaya Travelingmu, Ayo Jelajahi Indonesia!

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba “Solo Traveling”